Ini Caranya Agar Saus Pasta Warnanya Merah Cantik

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 13 Okt 2019 09:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Penggemar pasta tentu ingin pasta yang dimakan seenak bikinan restoran. Termasuk saus tomat yang merah cantik. Ternyata ada trik untuk membuatnya.

Pasta adalah salah satu masakan khas Italia yang sangat populer. Pasta saus merah pasti tersedia di semua kafe besar maupun kecil. Dengan maraknya bermunculan kafe yang menjual pasta saus merah atau saus tomat, pastinya kamu juga ingin saus pasta yang merah menarik.

Rasa saus Italia klasik yang asam segar, gurih sedikit ini sangat cocok dengan selera banyak orang. Dibuat dari tomat dan banyak rempah-rempah, saus merah pada pasta terkesan mewah dan memang enak dijodohkan dengan pasta yang hambar.

Membuat saus merah buat pasta yang enak seperti bikinan restoran tidak sulit. Berikut adalah beberapa tips memasak saus merah yang mudah dan enak dibuat di rumah, seperti dirangkum oleh Food NDTV (10/10).

Ini Caranya Agar Saus Pasta Warnanya Merah CantikFoto: Istimewa


1. Pilihlah tomat yang merah merata warnanya dan masak. Cuci bersih lalu potong dadu dan panaskan dalam wajan dengan api sedang.

2. Kemudian tambahkan beberapa siung bawang putih, bawang bombay dan nay leaf. Tambahkan sedikit air, bumbui dengan garam dan gula.

3. Kecilkan api. Masak hingga mendidih dan seluruhnya lunak. Jika tomat kurang merah, bisa ditambahkan 1-2 sdt pasta romat kalengan. Angkat, biarkan hingga hangat, saring atau blender hingga halus berbentuk pure.

Ini Caranya Agar Saus Pasta Warnanya Merah CantikFoto: iStock


4. Panaskan wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay yang dicincang hingga layu dan wangi. Tambahkan pure tomat dan masak hingga susut setengahnya dan kental. Selanjutnya saus bisa ditambahkan bumbu daun basil, oregano, merica dan garam sesuai selera.

Baca Juga: Doyan Pasta? Ini 5 Resep Spaghetti Enak yang Gampang Dibuat

Simak Video "Segarnya Sop Buah Conto dari Olahan Cincau Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)