Selain Dimakan, Saus Tomat hingga Mayones Bisa Dipakai untuk Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 12 Okt 2019 09:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Deretan bumbu ini bukan hanya menambah kenikmatan makanan, tapi juga memiliki manfaat mengejutkan lain. Salah satunya membuat stainless steel lebih bersinar!

Kehadiran condiment atau bumbu makanan menjadi hal wajib untuk banyak orang. Alih-alih hanya menggunakannya untuk melezatkan cita rasa makanan, coba manfaatkan kegunaan lainnya. Dari saus tomat sampai cuka!


1. Saus tomat

Selain Dimakan, Saus Tomat hingga Mayones Bisa Dipakai untuk IniFoto: iStock

Manfaat terkenal dari saus tomat adalah untuk membuat peralatan tembaga, perak, atau stainless steel kembali bersinar. Hal ini karena saus tomat memiliki tingkat keasaman sekitar 4% dari kandungan cuka. Caranya cukup gosok peralatan yang ingin dibersihkan dengan saus tomat, kemudian bilas dengan air dan bersihkan.

Manfaat lain adalah untuk mengembalikan warna pirang rambut yang kehijauan akibat kaporit kolam renang. Saus tomat mampu menetralisir efek ini. Anda hanya perlu keramas, lalu baluri saus tomat ke rambut. Diamkan 5 menit dan bilas kembali sampai bersih.

2. Mayones

Selain Dimakan, Saus Tomat hingga Mayones Bisa Dipakai untuk IniFoto: iStock

Mayones juga memiliki banyak sekali manfaat, termasuk membuat stainless steel bersinar seperti saus tomat. Ada juga manfaat untuk melepaskan cincin yang tak bisa keluar dari jari. Ini karena mayones berminyak sehingga mampu melicinkan jalan keluar cincin yang sempit.

Beberapa orang juga memanfaatkan mayones untuk melembapkan kulit. Mayones bisa dioles di siku, lutut, atau tumit kaki yang kering. Diamkan 10 menit, bilas, dan kulit pun bisa lebih lembap.

3. Mustard

Selain Dimakan, Saus Tomat hingga Mayones Bisa Dipakai untuk IniFoto: iStock

Condiment berwarna kuning ini ternyata bisa bermanfaat untuk kecantikan. Mustard bisa digunakan sebagai masker wajah. Pastikan mengetes dulu apakah kulit wajah Anda sensitif atau tidak. Jika tidak, masker mustard bisa membuat kulit lebih halus dan bersinar.

Manfaat lain dari mustard adalah atasi radang tenggorokan. Anda bisa meracik mustard bersama lemon segar, garam, dan madu. Campur bahan-bahan tersebut dengan air panas. Dinginkan sebentar lalu kumur dengan racikan ini.

4. Garam

Selain Dimakan, Saus Tomat hingga Mayones Bisa Dipakai untuk IniFoto: Istock

Garam tersedia di hampir semua rumah. Garam merupakan senyawa alami klorida sodium yang sudah ada lebih dari 8.000 tahun. Harganya yang juga murah membuat condiment yang satu ini jadi andalan. Garam memiliki sangat banyak manfaat lain.

Misalnya saja menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Cukup taburi garam di bagian dalam sepatu dan diamkan semalaman. Manfaat lain adalah untuk mencegah saluran cuci piring mampet. Anda bisa menaburi campuran garam dan baking soda ke dalam saluran tersebut. Tambahkan juga cuka dan diamkan sekitar setengah jam. Setelah itu aliri dengan air panas.

5. Cuka

Selain Dimakan, Saus Tomat hingga Mayones Bisa Dipakai untuk IniFoto: Istimewa

Asamnya cuka ternyata sangat berguna untuk keperluan membersihkan rumah. Misalnya saja menghilangkan noda karpet yang membandel. Bahkan cuka bisa mengurangi memar pada luka. Caranya tuangkan cuka putih atau cuka sari apel di kapas dan tempelkan di bagian memar sekitar 1 jam.

Menghilangkan bau rokok yang tertinggal di suatu ruangan juga bisa dengan cuka. Tinggal tempatkan mangkuk berisi cuka di area-area dengan bau terkuat. Cuka akan 'menyerap' sisa bau rokok yang tertinggal.



Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)