Gurih Juicy 5 Sosis Paling Populer Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 10 Okt 2019 06:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Olahan daging sapi dan ayam ini sangat populer. Baik disajikan utuh maupun diiris dan ditumis. Jenis-jenis sosis yang enak buat sarapan juga banyak.

Nama 'sausage' berasal dari bahasa Latin sal yang artinya garam atau makanan yang digarami. Ini karena sosis merupakan salah satu cara mengawetkan daging sapi, rysa, kambing, babi, domba atau ayam.

Daging dicincang halus kemudian dibumbui dengan rempah dan dimasukkan ke dalam usus babi kering atau usus domba kering. Selanjutnya direbus atau diasap hingga matang. Ada juga yang digantung hingga kering.

Kini jenis sosis makin banyak, tak hanya ada di Eropa dan Amerika tetapi juga di negara-negara Asia. Pembuatannya juga memakai mesin canggih. Sementara kantung atau kemasan sosis kini dibuat dari bahan-bahan yang lebih modern, seperti agar-agar yang mudah larut dan aman dimakan.

Sosis umum jadi pilihan menu sarapan, ini karena mudah disiapkan mengingat sosis merupakan produk yang sudah matang. Karena itu yang perlu diperhatikan justru cara menyajikan sosis agar rasanya tetap gurih dan juicy.

Beberapa orang sering mengerat-ngerat sosis sebelum dipanggang atau dipanaskan. Padahal cara ini akan membuat sosis merekah dan jus atau cairan dalam sosis keluar karena terkena panas. hasilnya, tekstur sosis menjadi liat dan keras. Sebaiknya cukup panaskan sosis dengan cara dikukus atau direbus atau dipanaskan di atas wajan dengan olesan mentega.

Agar bisa menikmati sosis sebagai santapan enak saat sarapan, kenali lebih dulu jenis-jenis sosis dan cara pengolahan atau penyajiannya.

(odi/odi)