Begini Gaya Praktis Orang Italia Saat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 08 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Orang Italia dikenal sebagai foodies, yang suka makan bersama dalam jumlah banyak. Tetapi ternyata saat sarapan, menunya sangat praktis.

Kalau orang Amerika biasanya sarapan dengan makanan berlimpah. Roti panggang atau pancake, olahan telur, sosis dan bacon serta jus jeruk, kopi atau teh. Demikian juga dengan orang Inggris yang punya menu komplet buat sarapan. Roti panggang, baked beans, telur, bacon, susu, teh atau kopi.

Banyak orang terkejut saat di Italia. Karena sarapan di Italia sangatlah sederhana dan praktis. Sarapan atau a colazione dalam bahasa Italia. Cara mereka sarapan sangat sederhana. Biasannya mereka pergi ke kafe terdekat dari rumah atau tempat kerja.

Kemudian mereka memesan kopi sesuai selera. Pagi hari merupakan saat yang tepat untuk menikmati kopi dengan paduan susu. Karena selewat pukul 10 pagi mereka tak lagi minum kopi dengan campuran. Karenanya mereka suka memesan cappuccino. Sebagai paduannya mereka akan menikmati dengan sebuah croissant atau jenis lainnya.



Dilansir dari Eataly.com dan berbagai sumber, berikut ini beberapa menu yang biasa dinikmati orang Italia saat sarapan di kafe-kafe.


Begini Gaya Praktis Orang Italia Saat SarapanFoto: iStock


1. Cappuccino dan Cornetto

Pasangan yang paling pas dinikmati di pagi yang cerah, secangkir cappuccino dan croissant. Kopi dan buih susu yang lembut sangat enak dihirup hangat. Sementara pastry dengan lapisan tipis yang renyah melayang, cocok dipadukan dengan cappuccino.

Biasanya kafe-kafe akan menyajikan aneka pastry yang baru dibuat dan disajikan hangat mengepyl. Sudah terbayang aroma wangi mentega dari pastry berpadu dengan creamy buih susu dan espresso yang harum.

Begini Gaya Praktis Orang Italia Saat SarapanFoto: iStock


2. Espresso dan Biscotti

Menu ini sangat praktis dinikmati saat terburu-buru, karena bisa dibawa dan dinikmati sambil berdiri. Espresso dari biji kopi berkualitas dipadukan dengan biscotti yang renyah.

Biscotti atau biskuit Italia teksturnya keras berbentuk bulat panjang/runcing dan biasanya dipadukan dengan cokelat, buah keirng atau kacang-kacangan. Tekstur keras biskuit ini cocok dicelupkan dalam espresso yang pahit dan hangat.

Begini Gaya Praktis Orang Italia Saat SarapanFoto: iStock


3. Espresso Macchiato dan Panino

Buat mereka yang suka minum kopi sedikit tetapi pekat, cocok memesan espressp machiatto, Kopi dengan sedikit campuran susu yang dikocok. rasa pekat sedikit pahit dari kopi cocok dinikmati dengan panini.

Panini merupakan roti pipih khas Italia yang biasanya dijadikan sandwich. Diisi dengan irisan smoked beef, irisan ham, ikeju lembaran, diberi mayonnaise dan sayuran. isinya yang padat membuat panini mengenyangkan buat sarapan.



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)