5 Bumbu Ikan Bakar Nila, Racikan Mana yang Kamu Suka?

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 07 Okt 2019 10:00 WIB
Bumbu ikan bakar nila pedas. Foto: detikFood Bumbu ikan bakar nila pedas. Foto: detikFood
Jakarta - Selain dimasak dengan paduan bumbu pecak. Ikan nila juga enak diolah dengan cara dibakar. Bumbu ikan bakar nila yang enak, dari rasa pedas hingga gurih khas Padang.

Jenis ikan air tawar ini memiliki daging yang gurih dengan tekstur lembut. Salah satu racikan ikan nila yang paling cocok adalah dibakar. Agar menghasilkan cita rasa yang enak, tentunya bisa diolesi bumbu rempah.


Kunci kesuksesan membuat ikan bakar adalah dengan buat sayatan di kedua sisi ikan nila yang sudah dibersihkan. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis yang sudah dicampur garam sampai merata dan meresap ke dalam ikan. Diamkan 5 menit sebelum dibakar.

Nah, kalau hari libur ini mau bikin ikan bakar. Dirangkum oleh detikFood, berikut ini 5 bumbu ikan bakar nila yang enak bisa kamu coba:

1. Bumbu Ikan Bakar Nila Pedas Manis

Bumbu halus untuk ikan bakar nila pedas manis bisa kamu buat dengan 3 siung bawang putih, 2 buah cabe rawit, 3 buah cabe merah besar, 1 sendok teh ketumbar, 5 butir bawang merah, 4 buah cabe merah keriting, asam Jawa dan kecap manis secukupnya.

Setelah itu dibakar hingga matang dan sajikan dengan sambal kecap yang terbuat dari kecap, tomat, cabai rawit hijau dan irisan bawang merah. Cek resep lengkapnya di sini.

2. Bumbu Ikan Bakar Nila Kecap

Bumbu kecap merupakan bumbu yang paling populer untuk membakar ikan, terutama nila. Selain penyajiannya yang mudah, rasanya juga enak, manis, gurih dan pedas. Untuk menyiapkan bumbu kecap tidaklah sulit, hanya dibutuhkan kecap manis, bawang merah dan putih, merica, garam, hingga jeruk nipis.

Bumbu ikan bakar nila yang pedas.Bumbu ikan bakar nila yang pedas. Foto: dok. detikFood

3. Bumbu Ikan Bakar Nila Padang

Bosan dengan bumbu ikan bakar nila kecap? Kamu bisa membuat bumbu ikan bakar dengan sentuhan Padang. Bumbu Padang bisa dibuat dengan bumbu halus yang terdiri dari cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe dan lengkuas.

Cara membuat bumbunya adalah dengan menumis bumbu halus dan tambahkan sedikit santan. Masak sampai menyusut dan kental. Bumbu ini dapat diolesi ke ikan saat proses pemanggangan.

Dalam prosesnya, pemanggangan ikan ini bisa menggunakan teflon yang sudah diolesi dengan sedikit minyak atau membarnya di atas arang agar rasa dan aromanya lebih mantap.

Bumbu ikan bakar nila ala Padang.Bumbu ikan bakar nila ala Padang. Foto: Istimewa

4. Bumbu Ikan Bakar Nila Pedas

Kamu salah satu pecinta makanan pedas? Nah, kalau bumbu yang satu ini populer sebagai bumbu ikan bakar dari Manado dengan sensasi rasa pedas. Kamu bisa mengolah ikan bakar nila dengan bumbu ini. Bahan-bahan yang digunakan ada bawang putih, kunyit, garam, lada, cabe merah, cabe rawit, serai dan daun jeruk. Haluskan bumbu ini.

Setelah ikan dibelah dua, ikan lebih dulu dilumuri jeruk nipis agar tidak amis. Kemudian campur semua bahan hingga menjadi halus. Jika suka aroma yang kuat, sebelum dioles ke ikan, bumbu halus bisa ditumis hingga aromanya keluar. Setelah itu baru olesi ikan dengan bumbu hingga merata, dan dibakar hingga tekstur ikan renyah. Kalau suka pedas,selama memanggang bisa diolesi sisa bumbu hingga bumbu meresap dan ikan matang.

5. Bumbu Ikan Bakar Nila Parape

Tak hanya kakap dan kerapu, kamu juga bisa mengolah ikan nila bakar dengan bumbu parape.

Sebelum mulai memasak, ada beberapa bumbu yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah bawang merah, merica bubuk, kecap manis hingga asam Jawa. Semua bahan dihaluskan kemudian ditumis dan siram ke atas ikan bakar. Bumbunya gurih manis sehingga cocok dinikmati dengan sambal dan nasi hangat. Yuk, intip resepnya di sini.



Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)