Cicip Ransum TNI, YouTuber Korea Ini Ketagihan Enaknya

Devi Setya - detikFood Minggu, 06 Okt 2019 20:00 WIB
Foto: YouTube Ujung Oppa Foto: YouTube Ujung Oppa
Jakarta - Tak banyak yang tahu kalau Tentara Nasional Indonesia punya ransum yang rasanya enak. Ujung Oppa sudah membuktikan rasanya dan ia pun ketagihan.

YouTuber Korea yang satu ini sempat menjadi pembicaraan publik Indonesia karena memutuskan menjadi mualaf. Kini pria yang akrab disapa Ujung Oppa kembali menyita perhatian.

Di momen Hari Ulang Tahun TNI, Ujung Oppa membuat video saat ia mencicip ransum atau makanan bekal TNI. Meskipun makanan ini dijadikan bekal saat bertahan di hutan, tapi ternyata rasanya sangat enak. Ujung Oppa sampai ketagihan dan ogah berbagi.

Baca juga : Potret Panglima TNI Hadi Tjahjanto Saat Makan Siang Bersama Jokowi hingga Makan Nasi Padang

Cicip Ransum TNI, YouTuber Korea Ini Ketagihan EnaknyaFoto: YouTube Ujung Oppa


Ditemani seorang anggota tentara Anto Cepi dari TNI Angkatan Udara (AU), Ujung Oppa berkesempatan melihat sekaligus mencoba bekal makan TNI. Ada makanan utama berupa nasi dengan berbagai rasa serta sereal. Ujung Oppa juga melihat kompor darurat tentara serta belajar menggunakannya.

Sekilas makanan ini tampak seperti makanan kalengan biasa namun Anto menjelaskan kalau ransum ini berisi makanan dengan porsi dan kandungan nutrisi yang sudah dihitung. Meski tampak sederhana tapi makanan ini tak bisa didapatkan dengan bebas karena tak dijual di pasaran.

Ada tiga pilihan rasa nasi yakni nasi tim ayam, nasi daging rica-rica dan nasi gulai ikan. Menunya memang familiar layaknya makanan khas Indonesia. Ujung Oppa ternyata memilih nasi daging rica-rica.

Cicip Ransum TNI, YouTuber Korea Ini Ketagihan EnaknyaFoto: YouTube Ujung Oppa


Nasi dalam kemasan kaleng ini tak bisa langsung disantap karena masih setengah matang dan harus dimasak dahulu. Setelah matang, barulah Ujung Oppa mencobanya.

"Enak banget. Aku baru pertama kali coba makanan ini seumur hidup dan beneran ini enak sekali. Maaf ya teman-teman, aku nggak mau berbagi makanan ini," ujar Ujung Oppa saat pertama kali mencicip makanannya. Saking doyannya, ia menghabiskan seluruh isi kotak makan tanpa sisa sedikitpun.

Tak hanya nasi, ia mencoba sereal yang juga jadi makanan bekal TNI kala berjaga di hutan. Sereal dalam bentuk bubuk ini harus dilarutkan dalam air hangat kemudian diaduk hingga rata, barulah sereal siap diminum.

Cicip Ransum TNI, YouTuber Korea Ini Ketagihan EnaknyaFoto: YouTube Ujung Oppa


Sekilas memang tampak seperti sereal instan biasa namun menurut Anto, sereal ini mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Bukan hanya "canggih" bikin kenyang, sereal ini ternyata juga enak dan manis. Ujung Oppa pun meneguk habis segelas sereal tanpa sisa.

Baca juga : Artis Ini Ubah Ransum Tentara Jadi Sajian Restoran Bintang Michelin

Bagi TNI, ransum adalah hal yang cukup penting dibawa ketika hendak melakukan latihan atau pengamanan di hutan. Perbekalan makanan ini mampu menjaga stamina dan tenaga ketika sedang berada di pedalaman yang jauh dari pemukiman warga.

Tidak semua orang bisa mencicipi ransum TNI karena makanan-makanan ini bukan untuk dijual bebas. Hanya TNI atau keluarga TNI saja yang mungkin bisa merasakannya. Anda pernah mencoba?

Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)