Keren! Di Tangan Seniman Jepang Ini, Buah Jadi Karya Seni Indah

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 06 Okt 2019 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak hanya di atas kanvas, karya seni pun bisa diukir di atas buah. Dengan desain yang kreatif dan menarik, seniman asal Jepang ini ahli ukir buah.

Takehiro Kishimoto, merupakan seniman asal Kobe, Jepang, yang viral di internet karena keahliannya mengukir buah-buahan menjadi berbagai karya seni yang menarik. Dilansir dari Daily Mail UK (04/10), seniman berusia 36 tahun ini memiliki keahlian mengukir buah dengan pola yang unik, dan detail yang tak semua orang bisa melakukannya.

Baca Juga: Hii Seram! Begini Jadinya Kalau Makanan dan Organ Tubuh Jadi Karya Seni
Keren! Di Tangan Seniman Jepang Ini, Buah Jadi Karya Seni IndahFoto: Istimewa

Berbagai jenis buah ia gunakan sebagai kanvas seninya. Mulai dari alpukat, semangka, hingga anggur. Karena keahliannya ini, ia mampu merubah setiap jenis makanan jadi karya seni yang indah.

"Saya senang menciptakan keindahan pada buah dan sayuran. Saya harap seni mengukir buah ini bisa menyebar ke seluruh dunia," tutur Takehiro.

Untuk merampungkan karya seninya ini, panjang waktu penyelesaiannya bisa beragam. Tergantung makanan atau buah yang digunakan. Menurut Takehiro, untuk mengukir satu sayuran brokoli saja bisa memakan waktu dari satu hingga lebih.
Keren! Di Tangan Seniman Jepang Ini, Buah Jadi Karya Seni IndahFoto: Istimewa

Sementara untuk buah alpukat, teksturnya yang lebih kompleks membuat Takehiro harus menghabiskan waktu selama dua jam. Kemudian untuk buah apel, biasanya ia mengukirnya selama tiga jam. Hasil karya seninya ini tentu saja menarik perhatian, dan pujian dari banyak orang.

Tapi tak perlu khawatir, setiap buah dan makanan yang dia ukir ini, tidak pernah dia buang dan selalu dia makan. Selain itu meski negara Jepang, memiliki sejarah yang panjang dalam seni ukur buah, yang disebut sebagai Mukimono.

Tapi Takehiro menjelaskan bahwa semua hasil seninya ini, terinspirasi dari seni ukir buah di Thailand. Biasanya ukiran makanan di buah atau sayuran, digunakan para chef atau juru masak kerajaan, di mana makanan dengan bentuk ini ditunjukkan untuk anggota kerajaan Thailand.
Keren! Di Tangan Seniman Jepang Ini, Buah Jadi Karya Seni IndahFoto: Istimewa

Dalam salah satu video yang dibuat Takehiro, ia buah melon menjadi lampu hingga benda lainnya. Takehiro juga mahir mengukir buah kecil yang sulit diukir, seperti strawberry dan anggur.

Untuk mengukir sayuran dan buah, ia menggunakan pisau yang sangat tajam, hingga bisa membentuk detail yang indah di makanan yang dia hias.

Baca Juga: Kerennya Seniman yang Buat Piring dan Gelas Keramik dengan Teknik Ukir

Simak Video "Yummy! Es Buah Mangkok Kelapa Bikin Melek"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)