Resep Bikin Telur Ceplok Geprek yang Gurih Renyah

Riska Fitria - detikFood Minggu, 06 Okt 2019 08:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Olahan Telur yang Hits
Jakarta - Makanan yang digeprek tak melulu ayam. Telur ceplok yang sederhana juga bisa disulap menjadi makanan geprek yang menggiurkan.

Telur geprek, mungkin terdengar asing oleh sebagian orang. Namun, makanan ini jadi populer karena penyajiannya yang unik. Berbeda dengan telur penyet yang biasa dibuat dari telur ayam rebus, telur geprek dibuat dari telur goreng atau telur ceplok.

Melalui instagram, salah seorang netizen dengan akun @fitrie.kitchen membagikan resep ketika memasak telor geprek melalui video pendek berdurasi sekitar 1 menit.
Resep Bikin Telur Ceplok Geprek yang Gurih RenyahFoto: Instagram @fitrie.kitchen

Dalam video tersebut ia juga memperlihatkan tahapan demi tahapan saat membuat telur goreng geprek.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung terigu, air, telur dan minyak. Sementara untuk sambalnya dibutuhkan cabai rawit, bawang putih, garam dan gula.

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan memanaskan minyak dalam wajan. Setelah itu telur digoreng seperti biasa hingga matang. Kemudian telur yang sudah matang dicelupkan ke dalam adonan tepung yang sudah dicampur air.
Resep Bikin Telur Ceplok Geprek yang Gurih RenyahFoto: Instagram @fitrie.kitchen

Baca Juga : Begini Cara Ribet Bikin Mie Instan Gaya Restoran

Selanjutnya telur tersebut digulingkan ke dalam tepung yang kering hingga terbalut rata. Telur digoreng kembali dalam minyak panas dan banyak hingga teksturnya menjadi renyah dan kering.

Untuk sambalnya, tumbuk kasar cabai rawit, bawang, garam dan gula. Supaya lebih maknyus, siram sambal tersebut dengan sedikit minyak panas bekas menggoreng telur. Kemudian telur goreng itu ditaruh ke atas cobek berisi sambal dan ditekan-tekan dengan ulekan hingga pipih.
Resep Bikin Telur Ceplok Geprek yang Gurih RenyahFoto: Instagram @fitrie.kitchen

Dari proses yang sederhana tersebut, jadilah telur ceplok geprek yang unik dan menarik. Video buatan Fitrie tersebut banyak dibagikan oleh akun-akun kuliner di instagram.

Salah satunya akun dengan nama @kulinersedaaap. Video tersebut pun menarik perhatian netizen. Hingga kini, video masak itu sudah ditonton lebih dari 5 ribu kali.

Baca Juga : Malas Masak? 5 Resep Telur Praktis Ini Bisa Jadi Sajian Enak

Simak Video "Merasakan Segarnya Laksa Tangerang yang Tak Ada Duanya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Olahan Telur yang Hits