Olahan Telur yang Hits

Lava Cake hingga Marshmallow Makin Hits dengan Kuning Telur Asin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 04 Okt 2019 10:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Olahan Telur yang Hits
Jakarta - Tak hanya hidangan utama, saus telur asin juga dikreasikan dengan dessert dan pastry. Mulai dari lava cake, pie, sampai marshmallow yang lembut manis.

Kepopuleran saus telur asin berawal dari tren chicken salted egg di Singapura. Seiring waktu, kreasi salted egg atau saus telur asin terus berkembang di sana. Saus telur asin juga diaplikasikan pada beberapa dessert dan pastry.

Salah satu yang sempat jadi perbincangan adalah croissant telur asin. Tren tersebut bahkan sempat sampai ke Indonesia dimana beberapa gerai menyajikan croissant manis gurih ini. Selain croissant, dessert dan pastry ini juga memakai saus telur asin.


1. Lava cake

Lava Cake hingga Marshmallow Makin Hits dengan Kuning Telur AsinFoto: Istimewa

Salah satu yang sedang hits di Singapura adalah lava cake telur asin. Lelehan saus cokelat di dalamnya diganti dengan saus telur asin yang warna kuningnya mencuri perhatian. Rasanya tentu saja berbeda dengan cokelat yang manis dan legit karena saus ini lebih gurih dan creamy.

Di Singapura, Softcore menyajikan menu unik ini. Mereka menyajikan lava cake telur asin dengan pelengkap cornflake renyah, daun kari, dan rice puff. Tak ketinggalan es krim vanilla yang menyempurnakan rasa lava cake telur asin. Sementara di Jakarta BAE di kawasan Senayan pernah membuatnya.

2. Cronut

Lava Cake hingga Marshmallow Makin Hits dengan Kuning Telur AsinFoto: Istimewa

Cronut adalah pastry hybrid kreasi Dominique Ansel yang memadukan croissant dan donat. Kreasi cronut terus berkembang hingga populer di Singapura. Adalah Dotty's, salah satu bakery yang terkenal dengan sajian cronut enak di sana.

Mereka menyajikan croissant telur asin. Terlihat saus telur asin yang kental dijadikan topping croissant. Selain croissant, Dotty's juga menawarkan eclair saus telur asin. Menurut pihak bakery, saus telur asin enak dipadukan dessert apa pun.

3. Waffle

Lava Cake hingga Marshmallow Makin Hits dengan Kuning Telur AsinFoto: Istimewa

Tak kalah populer, di Malaysia ada waffle telur asin yang sedang hits. Kreasi ini bisa ditemui di gerai es krim Inside Scoop. Kabarnya waffle dibuat tanpa pewarna atau bahan tambahan buatan. Wafflenya sendiri berwarna hitam karena memakai bubuk arang bambu (charcoal).

Lalu pelengkapnya ada es krim vanilla yang bisa dipilih dalam ukuran 1, 2, atau 3 sekop. Penyajian saus telur asinnya tak kalah unik karena ditempatkan dalam suntikan. Pengunjung perlu 'menyuntikkan' saus telur asin sendiri ke atas waffle.

4. Puff pastry

Lava Cake hingga Marshmallow Makin Hits dengan Kuning Telur AsinFoto: Istimewa

Singapura identik dengan puff pastry. Sajian serupa pastel ini biasanya diisi kentang dan ayam berbumbu kari. Tapi ada varian unik berisi telur asin. Amelia's Bakery memadukannya dengan tepung gandum dan gula aren yang lebih sehat.

Terlihat telur asinnya berupa buliran, bukan saus. Puff pastry menghadirkan kulit yang renyah. Selain itu, Amelia's Bakery juga menghadirkan Salted Egg Cake berupa sponge cake keju dengan busa telur asin.

5. Marshmallow

Lava Cake hingga Marshmallow Makin Hits dengan Kuning Telur AsinFoto: Istimewa

Terakhir ada marshmallow telur asin di negeri Singa. Marshmallow ini hadir dalam acara The Great Food Festival pada tahun 2017. Marshmallow ini berbentuk kotak kemudian dibakar dengan api hingga terkaramelisasi di bagian luarnya. Rasanya unik dan teksturnya kenyal lembut.

Selain marshmallow telur asin juga hadir rasa red velvet, salted caramel, watermelon lime hingga sea salt gula melaka. Marshmallow ini pun sempat jadi buruan.



Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Olahan Telur yang Hits