Ini Sebabnya Sayuran di Supermarket Sering Disemprot Air

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 02 Okt 2019 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat ke supermarket, pasti Anda sering melihat pegawai menyemprotkan air pada sayuran yang dipajang. Mengapa hal tersebut dilakukan?

Berbelanja sayuran ke pasar tradisional atau supermarket menjadi pilihan setiap orang. Hal ini bergantung pada pilihan Anda, apakah lebih suka berbelanja ke pasar tradisional yang sayurannya lebih segar atau di supermarket dengan tempat lebih nyaman, bersih, dan beragam pilihannya.

Jika ke pasar tradisional, barang yang dijual seperti sayuran lebih segar karena para penjual langsung mendapatkan dari penyortir. Sedangkan, barang yang dijual di supermarket cenderung kurang segar walau penampakannya terlihat segar.
Ini Sebabnya Sayuran di Supermarket Sering Disemprot AirFoto: iStock

Banyak sayuran seperti selada, bayam, dan sayuran hijau lain selalu terlihat segar. Hal ini karena disemprotkan air oleh pegawai supermarket. Selain membuat produk terlihat segar, cara ini membuat produk tersebut tahan lama. Namun, selain kedua alasan tersebut ada alasan lain di balik itu semua.

Baca Juga : Simpan Sayuran Hijau Dengan Cara Ini Agar Awet Segar

Sayuran yang disemprotkan air itu terlihat lebih memikat mata dan membuat Anda lebih ingin membelinya. Menurut Taste Of Home, pelanggan jelas lebih tertarik pada produk yang terlihat lebih bersinar dibanding produk yang berada di rak dan terlihat kering atau layu.

Selain itu juga, alasan besar lainnya adalah dengan menyemprotkan air ke sayuran dapat membuat keuntungan pada supermarket tersebut. Pasalnya, air yang disemprotkan ke sayuran akan membuat suatu jenis sayuran lebih berat dari bobot aslinya. Dan itu membantu dalam naiknya harga suatu produk, karena biasanya produk yang akan dibeli melewati proses penimbangan.
Ini Sebabnya Sayuran di Supermarket Sering Disemprot AirFoto: iStock

Produce Business mengungkap hasil penelitian mereka, bahwa selama 16 jam brokoli akan kehilangan hampir 4% dari berat aslinya. Tambahkan sedikit air dalam jangka waktu yang sama, lalu brokoli akan memiliki berat lebih besar 5%. Dan dari 5% tersebut akan dikenakan biaya saat pembayaran. Jadi tipsnya, jika Anda ingin membeli sayuran dari supermarket lebih baik Anda guncangkan sedikit dulu agar air yang terdapat pada sayuran keluar.

Meskipun dengan menambahkan air pada sayuran Anda dapat memperlama jangka waktu usia sayuran, tapi hal ini berdampak buruk. Menurut Martha Stewart, hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme yang mengarah pada penurunan masa simpan sayuran. Jadi pastikan sayuran dalam kondisi kering saat akan disimpan ke dalam kulkas.

Baca Juga : Jarang Dimasak, Padahal 9 Jenis Sayuran Lokal Ini Enak dan Bergizi Tinggi

Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)