Resep Nasi Goreng ala Resto Jepang Buat Sarapan Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 03 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: Instagram @kntrota Foto: Instagram @kntrota
Jakarta - Nasi goreng Jepang mudah dibuat. Rasanya gurih enak karena memakai shoyu dan daging cincang. Membuatnya juga tak repot. Yang pasti anak-anak doyan banget!

Sebagai negara dengan makanan pokok nasi, nasi goreng jadi salah satu olahan yang disukai banyak orang. Ini karena rasanya enak dan mudah sekali dibuat. Hampir semua restoran Jepang punya menu favorit ini.

Dikenal dengan sebutan 'yakimeshi' yang artinya 'nasi goreng' atau chahan. Nasi yang dalam bahasa Jepang disebut gohan juga diolah jadi nasi goreng. Tujuannya agar nasi tak terbuang dan bisa jadi sajian praktis. Dinikmati untuk sarapan, makan siang hingga makan malam.

Di restoran Jepang, yakimeshi disajikan dengan taburan irisan daun bawang dan irisan nori serta gari atau acar jahe muda. Ada yang menambah taburan biji wijen sangrai. Yakimeshi juga jadi menu pelengkap teppanyaki. Dimasak di atas teppan di depan pengunjung.



Kalau mau membuat sendiri yakimeshi, caranya tidak terlalu sulit. Yang terpenting memakai shoyu atau kecap Jepang sebagai bumbu wajibnya. Ikuti saja langkah-langkah ini jika untuk membuat yakimeshi. Buat sajian sarapan dan bekal, pasti disukai anak-anak.

1. Siapkan 2 piring (300 gtam) nasi putih yang pulen tetapi agak pera. Bahan lain yang perlu disiapkan, 2 sdm bawang bombay cincang, 2 siung bawang putih cincang, 100 gram daging sapi cincang atau daging ayam cincang, 1 sdm wortel yang dicincang halus, 2 buah jamur shitake yang dipotong kecil dan 1 butir telur ayam.

Sebagai bumbunya siapkan 2 sdm shoyu (kecap Jepang), 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam. Sebagai taburan siapkan1 sdm daun bawang yang diiris halus.

Resep Nasi Goreng ala Resto Jepang Buat Sarapan EnakFoto: iStock


2. Panaskan 2 sdm minyak sayur, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. masukkan wortel dan jamur shitake, aduk hingga layu. Lalu masukkan daging sapi cincang, aduk hingga berubah warna jadi cokelat tua. Sisihkan.

Resep Nasi Goreng ala Resto Jepang Buat Sarapan EnakFoto: iStock


3. Kocok telur masukkan ke dalam wajan, aduk hingga bergumpal kasar. Tambahkan nasi dan bumbu, aduk hingga rata dan agak kering. Angkat dan sajikan hangat dengan taburan daun abwang iris.



Simak Video "Icip-icip Nasi Goreng Kebon Sirih Legendaris Sejak Tahun 1958"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)