Selain Susu Kental Manis, Kopi Vietnam Ditambah Yogurt hingga Sawo

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 01 Okt 2019 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Vietnam lekat dengan budaya minum kopi. Sudah lebih dari 162 tahun kopi dikenal di sana hingga kini memiliki berbagai racikan nikmat.

Kopi Vietnam mungkin sudah tidak asing lagi bagi pecinta kopi. Karakter rasanya yang kuat dan pahit menjadi incaran penikmat kopi sejati. Kopi yang terbuat dari biji kopi robusta ini menghadirkan profil rasa pahit yang berbeda dari ragam kopi lainnya.

Ciri khas kopi Vietnam adalah kopi disaring dengan dripper bernama phin. Alat ini memungkinkan tetes demi tetes bubuk kopi tersaring sempurna. Prosesnya memang tidak cepat, namun banyak orang Vietnam menunggunya sambil berbincang di kedai kopi.

Selain Susu Kental Manis, Kopi Vietnam Ditambah Yogurt hingga SawoFoto: Thinkstock

Kopi Vietnam bisa ditambah gula pasir atau susu kental manis. Untuk penyajiannya bisa panas atau dingin kemudian dibuat menjadi es kopi hitam atau es kopi susu.

Baca Juga: 6 Kopi Favorit Ini Bisa Ungkap Pribadimu, yang Mana Kopi Pilihanmu?

Kini, kopi Vietnam hadir dengan berbagai inovasi baru. Memang belum setenar Vietnamese Iced Coffee, tapi rasa unik ini berhasil mencuri perhatian warga lokal dan para turis yang sedang berlibur ke Vietnam.

VN Express (1/10) merangkum 3 menu unik kopi Vietnam yang berhasil mencuri perhatian pencinta kopi.

1. Coconut Coffee

Selain Susu Kental Manis, Kopi Vietnam Ditambah Yogurt hingga SawoFoto: Istimewa

Kopi hitam Vietnam yang dicampur santan kelapa manis ini begitu unik. Selain rasa kelapa yang mendominasi, rasa manisnya yang creamy juga mencuri perhatian.

Coconut Coffee ini merupakan menu andalan The Cong Caphe. Jika sedang berlibur ke Vietnam, pastikan mencicipnya dengan harga sekitar Rp 30.000 per gelasnya.

Baca Juga: 3 Langkah Racik Kopi Kekinian Yang Enak

2. Yoghurt Coffee

Selain Susu Kental Manis, Kopi Vietnam Ditambah Yogurt hingga SawoFoto: Istimewa

Yoghurt dicampur kopi? Campuran ini memang terlihat sangat tidak biasa. Tapi rasanya sukses membuat banyak orang ketagihan.

Disajikan dingin, Yoghurt Coffee dibuat dengan campuran yoghurt, es batu, susu kental manis, dan tidak lupa kopi hitam Vietnam. Yoghurt Coffee ini memiliki rasa kopi hitam yang mendominasi dan memberikan aftertaste yang asam manis yang unik.

3. Sapodilla Coffee

Selain Susu Kental Manis, Kopi Vietnam Ditambah Yogurt hingga SawoFoto: Istimewa

Satu lagi menu unik dari Kopi Vietnam, yaitu Sapodilla Coffee. Kopi hitam Vietnam ditambahkan campuran buah Sapodilla atau di Indonesia dikenal sebagai buah sawo. Kalau penasaran, Anda bisa mencoba kopi sawo saat berlibur ke Vietnam. Salah satu tempatnya adalah Sinh To Ca Phe.

Kabarnya penambahan sawo memberi sentuhan rasa manis yang berbeda dari buah lainnya pada kopi. Sawo juga disebut-sebut sebagai alternatif sehat untuk bahan tambahan kopi.



Simak Video "Serunya Rayakan Hari Kopi Internasional di Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)