Ini 5 Tanda Kalau Kamu Terlalu Banyak Minum Kopi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 26 Sep 2019 13:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebagai minuman berkafein, banyak orang mengandalkan asupan kopi untuk menambah energi. Tapi waspadai tanda-tanda saat Anda terlalu banyak minum kopi.

Kopi dinikmati banyak orang saat pagi, siang, sore, hingga malam hari. Secangkir kopi mampu memberi dorongan energi sekaligus membuat pikiran lebih fokus saat menjalani aktivitas. Banyak orang berakhir tak bisa lepas dari kopi.

Mereka kerap merasa kurang lengkap kalau belum minum kopi. Biasanya pencinta kopi telah memiliki jenis kopi andalan. Ada yang meracik sendiri dengan biji kopi pilihan dan ada pula yang memilih menu khusus dari kafe atau coffee shop.

Sayangnya asupan kopi kerap tidak terkontrol hingga membuat pencintanya lambat menyadari kalau sudah terlalu banyak minum kopi. Seperti konsumsi apa pun, minum kopi berlebihan juga tak baik.

Tapi jika asupan kopi sudah terlalu banyak, tubuh sebenarnya memberi respons alami yang bisa Anda perhatikan. Mulai dari sulit tidur sampai gigi berwarna kekuningan. Informasinya dirangkum The Daily Meal (8/1) berikut. (adr/odi)