Resep Menemen, Orak-arik Telur Khas Turki Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 27 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: Dok. Chilli Pepper Madness
Jakarta - Telur juga jadi menu sarapan orang Turki. diolah dengan tambahan sayuran dan cabai sehingga rasanya gurih-gurih pedas. Begini cara membuatnya.

Kuliner Turki merupakan hidangan Ottoman yang menjadi akar budaya. Merupakan perpaduan unik kuliner Asia dan Eropa yang menghasilkan hidangan dengan citarasa berempah, pedas sekaligus gurih.

Masyarakat Turki selalu mengawali hari dengan sarapan lengkap. Ada roti, olahan telur, sosis dan sayuran seperti mentimun, tomat dan beragam jenis paprika yang segar.

Selain memakai cara memasak yang gampang, hidangan Turki juga enak di lidah. Karena memakai bahan-bahan segar, rempah termasuk cabai dan produk susu. Seperti halnya Menemen alisa orak-arik telur yang biasa dinikmati buat sarapan.

Kalau mau membuat sendiri juga tak sulit karena bahan-bahannya gampang didapat dan rasanya enak. Bisa dimakan dengan nasi hangat atau roti panggang. Coba ikuti saja beberapa langkah mudah berikut ini.



1. Untuk membuat satu porsi menemen yang bisa dinikmati 3 orang, siapkan 4 butir telur ayam, 1/2 buah paprika merah atau cabai merah yang dicincang, 1/4 butir bawang bombay cincang, 1 buah tomat merah sedang yang dicincang. Siapkan bumbunya, 1 sdt cabai merah bubuk, 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam.

Resep Menemen, Orak-arik Telur Khas Turki Buat SarapanFoto: Dok. Chilli Pepper Madness


2. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang bombay dan paprika hingga layu. Masukkan tomat cincang, cabai bubuk, merica dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan agak kering.

Resep Menemen, Orak-arik Telur Khas Turki Buat SarapanFoto: Dok. Chilli Pepper Madness


3. Kocok telur hingga berbuih lalu tuangkan ke dalam tumisan tomat. Kecilkan api dan biarkan hingga agak beku. Bisa langsung diangkat atau aduk-aduk sebentar hingga bergumpal. Taburi dengan peterseli cincang jika suka.



Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)