Ruben Onsu dan Sarwendah Kompak Ajari Betrand Peto Etiket Makan di Resto

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 14:40 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Kehadiran Betrand Peto dalam keluarga Ruben Onsu memberi keceriaan tersendiri. Betrand mendapat kasih sayang berlimpah dari Ruben, sang istri, dan anak perempuan mereka.

Betrand Peto kini diasuh Ruben dan Sarwendah di Jakarta. Remaja 13 tahun asal Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini bahkan sudah bersekolah di ibu kota. Betrand terlihat sangat dekat dengan keluarga Ruben Onsu, tak terkecuali anak perempuan pertama Ruben, Thalia.

Mereka kerap habiskan waktu bersama seperti liburan ke luar kota atau sekadar makan di restoran. Kemarin (22/9) Ruben mengunggah vlog The Onsu Family berjudul "Kakak Belajar Pakai Sumpit". Terlihat Ruben, Sarwendah, Betrand, dan Thalia mampir ke restoran shabu-shabu All You Can Eat (AYCE) di sebuah mall.

Ruben Onsu dan Sarwendah Kompak Ajari Betrand Peto Etiket Makan di RestoFoto: Istimewa


"Ini pertama kalinya kakak makan shabu-shabu," kata Ruben di awal video. Betrand pun terlihat asyik memasukkan berbagai isian shabu-shabu ke dalam panci. Ada mie, sayuran, udang, hingga telur rebus yang ia ambil. Tak lupa Betrand menyuap nasi untuk menemani semangkuk shabu-shabu hangat.

"Jadi walaupun kita makannya All You Can Eat, kalo sama bunda diajarin harus seperti apa???," tanya Ruben pada Betrand. Sarwendah yang duduk di sebelah mereka menjawab, "Harus tanggung jawab sama makanan yang diambil."

Betrand juga paham maksud ayah dan bundanya. Ia berujar kalau makan di restoran AYCE makanan yang sudah diambil tidak boleh dibuang, harus dimakan.

Ruben Onsu dan Sarwendah Kompak Ajari Betrand Peto Etiket Makan di RestoFoto: Istimewa

Tak lupa Ruben memberi tahu soal etiket makan di restoran. Pembawa acara kondang ini menyoroti tamu di sebelah rombongan mereka yang terlalu berisik di restoran. Menurut Ruben, sekelompok ABG itu juga tidak sopan karena mengusir pelayan dengan gerakan tangan.

Kakak Jordi Onsu ini lantas mengingatkan Betrand untuk tidak mencontoh hal tersebut. Ruben menekankan pentingnya menghargai setiap orang termasuk pelayan restoran.


Ruben Onsu dan Sarwendah Kompak Ajari Betrand Peto Etiket Makan di RestoFoto: Istimewa

Yang juga menarik adalah momen Betrand belajar pakai sumpit. Betrand sempat memakai satu batang sumpit di masing-masing tangan untuk mengambil telur rebus di mangkuknya. Tapi caranya jelas tidak berhasil. Mengambil mie pun juga jadi sulit.

Sarwendah lalu mengajari Betrand. "Salah kak, kakak gini, pegangnya gini," ujar Sarwendah sambil mencontohkan gerakan tangan yang benar saat memegang sumpit. Tak butuh waktu lama, Betrand paham cara tersebut dan mulai ahli mengambil makanan dengan sumpit. Diikuti Thalia yang langsung bisa mengambil lembaran daging dengan sumpit.

Hingga berita ini dibuat (24/9), video The Onsu Family ini masih trending nomor 12 di YouTube dengan jumlah ditonton sampai 2,3 juta kali. Banyak netizen memuji kekompakan keluarga kecil ini. "Ayah dan bunda selalu mengajarkan anak anaknya. The best parent lah," kata seorang netizen.



Simak Video "Mencicip Bensu Bakso Milik Ruben Onsu, Seperti Apa Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)