10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Niken Widya Yunita - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 11:00 WIB
Halaman 2 dari 2
10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Istimewa

6. Lumpia

10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Istimewa/Foto: iStock



Oleh-oleh khas Semarang dari zaman dulu kala yakni Lumpia. Makanan mirip risol ini berisi campuran udang, telur, ayam, serta rebung (bonggol bambu muda yang dicincang halus). Setelah digoreng kering, lumpia biasa disajikan dengan saus atau cabai rawit.



7. Wingko Babat

10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: IstimewaFoto: pool




Oleh-oleh khas Semarang lainnya yakni Wingko Babat. Wingko Babat merupakan kue berbahan dasar kelapa dan tepung beras ketan yang dibakar hingga coklat kehitaman, lalu dibungkus dengan kertas.


Wingko memiliki rasa kelapa, cokelat, nangka, hingga durian. Rasa Wingko Babat berbentuk pilih ini legit.


8. Tahu Bakso

10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Istimewa



Tahu ini isinya daging cincang dan campuran seperti bahan untuk membuat bakso. Salah satu merek tahu bakso terkenal yakni Tahu Baxo Bu Pudji di Ungaran atau di Jalan Pandanaran.


9. Roti Ganjel Rel

10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Istimewa10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Istimewa Foto: Detikfood



Roti Ganjel Rel sudah menjadi oleh-oleh khas Semarang zaman dulu. Roti ini berbentuk gelondongan besar yang padat dengan tekstur agak alot.


Bagian atas roti ini berwarna cokelat dan ditaburi wijen, serta memiliki rasa kayu manis yang khas. Roti yang mirip roti gambang ini bisa ditemukan di Pasar Johar Jalan KH Agus Salim atau Waroeng Semawis.


10. Kue Artis


Oleh-oleh khas Semarang kekinian ini milik artis. Ada Chelsea Olivia, Dewi Sandra, Jessica Iskandar.


Nama kue Chelsea Olivia yakni Semarang Wife Cake. Toko ini berada di Jalan Kapten Piere Tendean. Wife Cake merupakan kue berbentuk bundar seperti panekuk yang terdiri dari beberapa lapisan, seperti krim dan pastry. Variannya mulai dari choconut, chocomelt, cheese, hingga green tea.


Sedangkan kue milik Dewi Sandra yakni Wingkorolls Semarang. Semarang Wingkorolls merupakan kue gulung yang terdiri dari roti lapis legit dipadu adonan wingko babat. Variannya peanut nougat, cheese, cornflakes, dan hazelnut crispy.


Jessica Iskandar memiliki roti kasurnya bernama Barack Bakery. Roti kasur ini tersedia dalam dua varian yakni manis dan asin.


Selain itu ada juga Semarang Roru Cake. Oleh-oleh khas Semarang ini merupakan member Jannah Corp. Awalnya toko kue ini bernama Semarang Thal Cake, dengan Ruben Onsu sebagai artis di belakangnya. Kini toko kue itu diambil alih oleh Zaskia Sungkar dan Irwansyah.


(nwy/erd)