10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Niken Widya Yunita - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 11:00 WIB
Halaman 1 dari 2
10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Detikfood 10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Detikfood
Jakarta - Oleh-oleh khas Semarang ini wajib dibawa pulang usai melancong ke Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Ada tomat rasa kurma, roti briliant, kue mochi dan lain sebagainya. Soal rasa, jangan khawatir Semarang merupakan salah satu kota dengan surga makanan enak.

Berikut ini 10 oleh-oleh khas Semarang seperti detikFood rangkum:



1. Tomat Rasa Kurma

Oleh-oleh khas Semarang ini memiliki nama unik, yakni tomat rasa kurma atau torakur. Makanan ini termasuk oleh-oleh khas Semarang kekinian.

Rasa makanan ini manis. Jajanan ini dicetuskan oleh Sri Ngestiwati.

2. Roti Briliant

Mau oleh-oleh khas Semarang yang awet? Kue Brilliant pilihannya. Kue legit khas Semarang ini tahan hingga 60 hari. Namun jangan khawatir, makanan ini tanpa pengawat meski tahan lama. Varian dari kue ini yakni coklat, keju, kismis, almond, browneo cream, dan browneo coklat.

Nah, makanan ini terletak tidak jauh dari Simpang Lima, Semarang. Toko buka dari pukul 07.30 hingga pukul 21.00 WIB.

3. Kue Mochi

Oleh-oleh khas Semarang berikutnya Kue Mochi. Kue ini bukan hanya ada di Sukabumi dan Bandung. Di Semarang, kue ini juga terkenal untuk dijadikan oleh-oleh.

Kue manis ini terbuat dari tepung ketan dan berbentuk bulat dengan kacang cincang dan gula di dalamnya. Rasanya yang kenyal ditambah wijen, hmm lezat!

Salah satu kue Mochi terkenal di Semarang yakni Moachi Gemini. Kue ini terletak di Jalan Kentangan Barat nomor 101. Kue ini bisa bertahan seminggu lho.

4. Kue Sarang Madu

Oleh-oleh khas Semarang lainnya yakni Sarang Madu. Kue ini berbentuk seperti sarang burung ini memiliki rasa manis kerana disiram gula merah di atasnya.

Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Kue sarang madu banyak ditemukan di toko oleh-oleh.

5. Bandeng Presto

10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Istimewa10 Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang/Foto: Istimewa Foto: dok. detikFood


Kalau ini sudah pasti banyak yang tahu. Nama makanannya Bandeng Presto. Ya, oleh-oleh khas Semarang ini sudah terkenal dan menjadi ciri khas Kota Semarang.

Ikan bandeng ini memiliki banyak duri namun bisa diolah menjadi bahan pangan yang mudah dimakan. Rasa gurih dan lezat menjadikan makanan ini digemari dan dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Apalagi makannya dengan sambal dan nasi hangat.

Yuk langsung saja toko Bandeng Presto Pandanaran dan toko Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran.

(nwy/erd)