8 Hal yang Pantang Dilakukan Saat Sajikan Makanan untuk Tamu

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 10:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bukan hanya soal kesopanan, dalam menyambut tamu juga perlu memperhatikan kenyamanan mereka. Karenanya hindari 8 hal ini saat sajikan makanan untuk tamu.

Biasanya setiap keluarga memiliki acara rutin seperti arisan atau perayaan ulang tahun. Acara ini biasanya diperingati dengan mengundang semua keluarga besar atau kerabat untuk menikmati jamuan makan bersama.

Usai menyiapkan seluruh makanan, pastikan tepat dalam penyajiannya. Hindari 8 kesalahan ini seperti yang telah dilansir dari E Times (18/9).


1. Menyentuh permukaan peralatan makan

8 Hal yang Pantang Dilakukan Saat Sajikan Makanan untuk TamuFoto: Istimewa

Saat menyajikan piring atau gelas, jangan pernah Anda menyentuh permukaan piring atau gelas tersebut. Ketika Anda menawarkan alat makan, pastikan Anda menyentuh pegangannya agar alat makan tersebut tetap higienis.


2. Lebih mementingkan diri sendiri


Saat mengundang tamu berarti Anda harus benar-benar menghargai mereka. Hindari mementingkan diri sendiri. Pastikan melayani tamu terlebih dahulu dengan menyajikan makanan untuk mereka atau bahkan mengambilkannya.


3. Tidak memberi alat makan yang benar


Meskipun sepele, namun Anda tetap harus perhatikan beberapa alat makan seperti sendok. Pastikan Anda memiliki sendok untuk salad, sup, nasi, dan lain-lain. Hal ini sama saja akan menghargai para tamu. Sehingga para tamu tidak akan kesulitan ketika ingin makan atau bahkan ketika ingin mengambil makanan tersebut.


4. Memaksa tamu makan

8 Hal yang Pantang Dilakukan Saat Sajikan Makanan untuk TamuFoto: iStock

Terkadang ketika sedang menyambut para tamu, seringkali Anda memaksanya untuk makan. Bahkan terkadang Anda juga rela mengambil makanan untuk tamu yang sebenarnya ia tidak ingin makan makanan tersebut. Hal ini ternyata sangat tidak sopan. Jadi Anda harus membiarkan mereka makan dengan sendirinya, dan biarkan mereka memilih makanan yang ia inginkan.


5. Siapkan makanan berlebihan


Ketika Anda sedang membuat acara, pastikan Anda mempersiapkan makanan sesuai dengan acara dan banyaknya tamu. Sebab jika Anda mempersiapkan makanan terlalu berlebihan, akan membuat para tamu kebingungan. Lebih baik Anda siapkan makanan yang sederhana namun tidak membuat para tamu bingung dan menghilangkan selera makan mereka. Sebab jika itu terjadi, bisa saja akan membuat mereka tidak mencoba semua hidangan sama sekali. Jadi lebih baik Anda siapkan beberapa hidangan yang tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak, sehingga tamu Anda bisa merasakan semua hidangan.


6. Tidak siapkan air minum


Karena makanan telah menjadi fokus utama, tidak jarang tuan rumah justru melupakan aspek penting dari makanan yaitu air. Anda perlu siapkan air agar dapat menghilangkan makanan yang tersangkut di tenggorokan, untuk menetralkan makanan pedas, atau untuk sekadar memuaskan dahaga. Jadi perlu diingat bahwa air adalah suatu keharusan di atas meja dan tidak boleh dilupakan karena merupakan bagian dari menu.


7. Menyiapkan alat makan berlebih


Perencanaan, pengorganisasian, dan menyiapkan makanan sangat penting dalam setiap jalannya acara. Pastikan Anda mengetahui jumlah tamu yang datang dan menyiapkan menu dan meja yang sesuai. Jadi hindari kelebihan hidangan dan kelebihan peralatan makan di atas meja. Terlalu banyak mangkuk, piring, dan gelas akan terlihat berantakan.


8. Tidak memperhatikan pemilihan menu

8 Hal yang Pantang Dilakukan Saat Sajikan Makanan untuk TamuFoto: iStock

Jika Anda telah mengundang tamu, Anda harus memperhitungkan selera mereka, preferensi makanan, dan merancang menu. Pastikan Anda memasak apa yang biasanya para tamu suka. Agar aman, lebih baik Anda jangan sajikan seafood, sebab tidak sedikit orang memiliki alergi seafood. Hal itu sama saja Anda tidak menghormati mereka.

Baca Juga: Viral Rebutan Rendang, Ini Etika Makan Prasmanan di Kondangan



Simak Video "Menjajal Meriahnya Rasa Kue Mipan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)