Resep Tumis Telur Kucai Gaya Resto yang Praktis

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: Woks of Life Foto: Woks of Life
Jakarta - Cuman ada telur di kulkas? Selain digoreng telur enak dibuat tumisan dengan paduan kucai yang diiris kasar. Gurih wangi aromanya, cocok dimakan dengan nasi.

Hampir semua negara di Asia punya olahan telur yang praktis buat sarapan. Orang Vietnam membuat telur orak-arik dengan paduan tomat dan rempah daun yang harum. Di Spanyol orang mengolah telur dengan paduan kentang, juga di Italia.

Selain Jepang dan Korea, China dikenal punya banyak olahan telur yang enak. Dipadu dengan tiram segar hingga daging ayam. Ada juga yang sangat sederhana, ditumis dengan daun kucai yang renyah dan segar. Gampang sekali membuatnya. Coba saja ikuti langkah ini.


Resep Tumis Telur Kucai Gaya Resto yang PraktisFoto: Istock


1. Siapkan 4 butir telur ayam, 2 sdm air dan 3 sdm penuh kucai yang dipotong kasar. Sebagai bumbunya, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdm kecap asin, 1/2 sdt garam dan 1/2 sdt minyak wijen.

2. Cuci bersih kucai dan lap hingga kering daunnya. Potong 1 cm di ujung akarnya. Kemudian iris kasar dan sisihkan.

Resep Tumis Telur Kucai Gaya Resto yang PraktisFoto: iStock


3. Kocok telur hingga berbuih, tambahkan bumbunya dan kocok hingga rata. Tambahkan kucai, aduk hingga rata.

4. Panaskan 2 sdm minyak di atas api sedang. Tuangkan telur yang sudah diaduk dengan kucai, aduk perlahan hingga bergumpal kasar lalu angkat segera. Jangan terlalu besar apinya dan jangan terlalu lama mengaduk karena telur akan kering dan keras. Sajikan dengan nasi hangat.



Simak Video "Segarnya Sop Buah Conto dari Olahan Cincau Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)