10 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Murah dan Paling Populer

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 23 Sep 2019 10:30 WIB
Oleh-oleh khas Jakarta. Foto: Muhammad Ridho Oleh-oleh khas Jakarta. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Selain jalan-jalan, kalau kamu ke Jakarta pastikan jangan lupa membawa oleh-oleh ya. Mulai dari makanan hingga souvenir bisa jadi oleh-oleh khas Jakarta yang wajib dibawa.

Oleh-oleh tidak harus dibawa oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta. Kalau kamu hendak mengunjungi kerabat di luar kota, oleh-oleh ini bisa jadi buah tangannya.


Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Jakarta yang dirangkum detikFood dari berbagai sumber:

1. Dodol Betawi

Dodol Betawi enak.Dodol Betawi enak. Foto: Grandyos Zafna

Tidak hanya Garut, Jakarta juga punya dodol enak dan sangat populer. Dodol Betawi secara tradisional dibuat dengan campuran ketan hitam, ketan putih dan durian. Rasa manis dari dodolnya diberi gula aren berwarna cokelat.

Dodol dimasak di atas tungku dengan kayu bakar dengan ukuran besar. Adonan dodol diaduk menggunakan kayu besar dengan cara 'mendayung'. Dalam membuat dodol Betawi, bisa menghabiskan puluhan butir kelapa dan berkilo-kilo gula aren.

Salah satu tempat yang punya dodol Betawi enak adalah Ny. Lauw yang berlokasi di jalan Bouraq, Tangerang. Selain itu, kamu juga bisa datang ke toko Dodol Betawi Gurih Rasa yang berada di Jalan Angsana No. 26, Pejaten, Jakarta Selatan.

2. Bir Pletok

Bir Pletok.Bir Pletok. Foto: Instagram@anggarini.

Bir pletok jadi salah satu minuman tradisional khas Betawi yang punya banyak manfaat. Meski menyandang kata 'bir', akan tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol.

Bir pletok justru terbuat dari lada, jahe, dan kulit kayu secang. Kulit kayu secang inilah yang membuat bir pletok berwarna merah. Minuman ini awalnya diracik lantaran dahulu banyak orang Betawi yang melihat kebiasaan warga Belanda di Indonesia. Warga Belanda selalu mengonsumsi wine di dalam sebuah perayaan.

Bir pletok jadi salah satu oleh-oleh Jakarta yang tahan lama. Minuman ini bisa didapatkan di sejumlah restoran khas Betawi atau toko oleh-oleh khas Jakarta.

3. Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang.Kue kembang goyang. Foto: Istimewa

Kue kembang goyang memiliki tekstur yang renyah dan rasanya manis serta gurih. Berbentuk bunga, kue ini dibuat menggunakan cetakan berbentuk kembang. Bahannya dibuat dari santan, tepung beras, gula dan garam.

Mengikuti tren kekinian, kue kembang goyang juga menambahkan beberapa varian rasa seperti cokelat hingga keju. Bisa didapatkan di banyak tempat oleh-oleh, salah satunya adalah di Warung Mpok Nini, Jalan Belanak 2, Jakarta Timur.

4. Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa.Kue akar kelapa. Foto: Istimewa

Ada juga kue akar kelapa yang terbuat dari tepung ketan, mentega, gula, telur dan tepung beras. Sesuai dengan namanya, kue ini juga memiliki bentuk seperti akar kelapa. Teksturnya gurih dengan sensasi rasa manis yang renyah.

5. Kue Semprong

Kue semprong, oleh-oleh khas Jakarta.Kue semprong, oleh-oleh khas Jakarta. Foto: iStock

Oleh-oleh khas Jakarta murah salah satunya adalah kue semprong. Bentuk kue semprong ini menyerupai tabung kecil dengan tekstur renyah. Sangat cocok jadi teman minum teh atau kopi. Rekomendasi tempat membeli Semprong Glory yang berlokasi di Jalan KS. Tubun III No. 2, Slipi, Jakarta Barat.

6. Tape Uli

Tapi uli yang bisa jadi oleh-oleh dari Jakarta.Tapi uli yang bisa jadi oleh-oleh dari Jakarta. Foto: Detikfood

Tidak seperti oleh-oleh lainnya yang tahan lama. Tape uli bisa jadi oleh-oleh buat kamu yang kotanya berjarak tak jauh dari Jakarta. Pembuatan tape uli dilakukan melalui proses fermentasi dengan ragi yang dicampur beras ketan hitam.

Makin enak disajikan dengan uli yang terbuat dari ketan putih. Tape uli bisa kamu dapatkan di beberapa pusat jajanan kota. Biasanya tape uli dijajakan dengan bakul pikulan.

7. Biji Ketapang

Oleh-oleh khas Jakarta, biji ketapang.Oleh-oleh khas Jakarta, biji ketapang. Foto: istimewa

Camilan kering dan manis ini merupakan oleh-oleh khas Jakarta. Biji ketapang terbuat dari tepung terigu dan parutan kelapa. Adonan dibentuk menyerupai biji dan digoreng sampai kering.

8. Miniatur Monas dan Bajaj

Miniatur Monas. Miniatur Monas. Foto: Istimewa

Oleh-oleh khas Jakarta selain makanan ada beragam miniatur ikon kota Jakarta. Ada monas dan bajaj. Kedua miniatur ini bisa kamu temukan di area sekitar monas atau beberapa ruas jalan seperti Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Miniatur monas hingga bajaj sangat unik dan cocok jadi oleh-oleh kerabat yang unik.

9. Boneka Ondel-ondel

Boneka ondel-ondel.Boneka ondel-ondel. Foto: Istimewa

Ondel-ondel sangat identik dengan Betawi. Boneka berbentuk ondel-ondel bisa jadi oleh-oleh sekaligus pajangan cantik yang bisa kamu taruh di ruang tamu.

10. Kebaya Betawi

Kebaya Betawi juga bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Jakarta selain makanan.Kebaya Betawi juga bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Jakarta selain makanan. Foto: iStock

Orang-orang Jakarta atau Betawi memiliki kebaya Betawi yang disebut encim. Berbeda dengan kebaya lain, kebaya Betawi ini memiliki warna yang cerah dengan potongan sederhana.

Wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas Jakarta berupa kebaya Betawi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.






Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)