Resep Kaldu Ayam yang Praktis, Gurih dan Enak

Milla Kurniaputri - detikFood Sabtu, 21 Sep 2019 11:27 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Kaldu ayam sering dipakai untuk bikin sup atau hidangan berkuah. Agar tak buang waktu, Anda bisa siapkan kaldu ayam jauh hari dan bekukan di dalam kulkas.

Kaldu ayam sangat dibutuhkan agar memasak lebih praktis. Bisa untuk membuat makanan anak, meracik sup, membuat saus, hingga memberi rasa gurih alami pada tumisan.
Resep Kaldu Ayam yang Praktis, Gurih dan EnakFoto: istimewa

Meski saat ini sudah tersedia beragam kaldu instan yang murah dan praktis, tapi Anda tidak tahu pasti kandungan di dalamnya. Kaldu instan seringkali dibuat dengan bahan tiruan, pengawet, dan juga tambahan penyedap rasa. Jadi lebih baik Anda coba buat sendiri kaldu ayam di rumah.

Dilansir dari Serious Eat (13/9), dalam membuat kaldu ayam Anda perlu siapkan ayam, wortel, bawang merah, bawang putih, seledri, dan peterseli. Atau jika Anda ingin kaldu seperti di restoran, Anda bisa tambahkan sayuran aromatik lainnya seperti leek, thyme dan daun salam.
Resep Kaldu Ayam yang Praktis, Gurih dan EnakFoto: istimewa

Untuk ayamnya, Anda bisa gunakan ayam utuh atau beberapa bagian saja. Atau bahkan Anda bisa gunakan sisa tulang ayam yang dagingnya sudah digunakan untuk masakan lain. Bagian ayam yang digunakan ternyata bisa mempengaruhi rasa dan warna dari kaldu.

Dada ayam, misalnya, menghasilkan kaldu dengan rasa paling kuat dan bersih. Bagian paha ayam membuat kaldu berwarna kuning terang tapi rasanya kurang bersih. Sementara tulang ayam tidak terlalu menonjol rasa ayamnya tapi menghadirkan sensasi rasa berbeda yang nikmat.

Kemudian untuk bumbunya, Anda bisa potong beberapa bumbu tersebut ke dalam panci yang sudah berisi air dan kemudian didihkan secara bersamaan. Masak dengan api kecil hingga seluruh bahan matang dan kuahnya menyusut hingga seperempat bagian. Dalam tahap ini akan didapatkan kaldu yang agak kekuningan. Sebaiknya tambahkan garam dan lada saat kaldu dipakai sehingga rasanya tak terlalu asin.

Setelah mencapai tekstur dan rasa yang pas, Anda bisa diamkan hingga dingin kemudian disaring. Setelah itu Anda bisa simpan ke dalam kemasan lalu bekukan ke dalam freezer. Anda bisa gunakan kaldu ketika ingin memasak masakan yang membutuhkan kaldu ayam. Menurut beberapa sumber, kaldu beku bisa disimpan hingga satu bulan.

Baca Juga: Ini Cara Bikin Sop Daging Sapi Berkuah Bening yang Enak

Simak Video "Resep Menu Buka Puasa: Ayam Woku dan Kolak Jagung"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)