Kulineran Halte TransJakarta

Soto Padang hingga Yamin Legendaris Ada di Dekat Halte Pasar Baru

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 20 Sep 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Di dekat halte TransJakarta (TJ) Pasar Baru ada beberapa tempat makan legendaris yang wajib disambangi. Mulai dari resto China, bakmi, hingga soto Padang yang gurih mantap.

Pasar Baru merupakan pusat belanja legendaris di kawasan Jakarta Pusat. Sudah ada sejak 1820, di pasar ini terdapat banyak toko pakaian, tekstil, hingga toko sepatu. Urusan makanan, Pasar Baru juga menawarkan banyak makanan legendaris yang kelezatannya sudah teruji dari zaman ke zaman.

Lima tempat makan ini, misalnya, bisa disambangi saat ke Pasar Baru. Lokasinya tak jauh dari halte TJ Pasar Baru yang merupakan transportasi umum andalan di wilayah tersebut.

1. Restoran Tropik

Soto Padang hingga Yamin Legendaris Ada di Dekat Halte Pasar BaruFoto: Istimewa

Sekitar 200 meter dari halte TJ Pasar Baru, ada restoran China legendaris bernama Tropik. Konon restoran ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Banyak orang menjagokan ragam menu China klasik di sini.

Menu yang disajikan kini adalah menu Indonesia dan peranakan. Ada mie yamin, soto ayam, sate ayam, lumpia, lontong cap go meh, fuyunghai, dan banyak lainnya. Yang wajib dipesan di sini adalah mie yamin dan fuyunghai.

Mie yaminnya memakai mie kecil pipih dengan topping ayam cincang berbumbu. Pelengkapnya adalah kuah kaldu dengan irisan daun bawang segar. Harganya sekitar Rp 23.000 per porsi.

Baca Juga: Tropic : Mengulang Enaknya Mie Yamin Klasik dan Fuyunghai Legendaris di Pasar Baru

2. Soto Padang H. St. Mangkuto

Soto Padang hingga Yamin Legendaris Ada di Dekat Halte Pasar BaruFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Berjalan sedikit 600 meter ke Jalan Pintu Air, Anda bisa menemukan racikan soto Padang legendaris yang sudah ada sejak 1942. Di Jakarta, soto ini hadir sejak 1966 dan sudah dicicip banyak pejabat, menteri, dan presiden Indonesia.

Seporsi soto Padang dibanderol Rp 38.000. Disajikan dalam mangkuk porselin mungil dengan isian daging sapi renyah, soun, potongan perkedel, dan taburan bawang goreng hingga seledri. Selanjutnya disiram dengan kuah soto yang dilengkapi lemak sapi gurih.

Baca Juga: Diracik Sejak Tahun 1942, Soto Padang H. St Mangkuto Tak Pernah Berubah Rasanya

3. Bakmi Gang Kelinci

Soto Padang hingga Yamin Legendaris Ada di Dekat Halte Pasar BaruFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Tak lengkap ke Pasar Baru kalau belum cicip Bakmi Gang Kelinci. Jaraknya hanya sekitar 450 meter dari halte TJ Pasar Baru. Restoran di Jl. Kelinci Raya No. 1-3 ini sudah ada sejak 1957, terkenal akan sajian bakminya yang gurih nikmat.

Bakminya bertekstur lembut dengan topping cincangan ayam. Bisa juga memilih campuran seperti bakso ikan, bakso sapi, pangsit, atau swekiau udang. Harga bakmi berkisar dari Rp 15.000 - Rp 30.000. Menu lainnya ada kwetiau, nasi goreng, dan nasi capcay.

4. Rumah Makan Aceh Selera Kita

Soto Padang hingga Yamin Legendaris Ada di Dekat Halte Pasar BaruFoto: Istimewa

Foto: SeleraKita
Sama-sama berjarak sekitar 450 meter dari halte TJ Pasar Baru, penggemar makanan Aceh wajib mampir ke Rumah Makan Aceh Selera Kita. Lokasinya ada di persimpangan jalan Antara dan jalan Pintu Air. Rumah makan ini didirikan orang asli Sigli sejak lebih dari 30 tahun lalu.

Pengunjung bisa coba beragam makanan Aceh autentik. Ada mie Aceh, gulai kepala ikan kakap, bebek kurma, ayam tangkap, pli'u, kari kambing, ayam rendang, telur ikan, sambal ganja, burung punai goreng, hingga pacri nanas.

5. Bakmi Aboen

Soto Padang hingga Yamin Legendaris Ada di Dekat Halte Pasar BaruFoto: Istimewa
Foto: Istimewa
Di jalan Pintu Air juga ada bakmi enak bernama Bakmi Aboen. Rumah makan yang berdiri sejak 1962 ini selalu dipadati pembeli. Di sini racikan bakminya nonhalal karena memakai minyak babi dan ada yang ditambahkan cincangan daging babi.

Menu lainnya adalah bakmi bakso ikan, bakmi swikiau, dan bakmi goreng. Tak ketinggalan olahan bihun dan kwetiau dengan beragam topping. Kalau mau locupan, Bakmi Aboen juga menyediakannya.



Simak Video "Resep Donat Isi Selai"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)