Pakai Cara Mudah Ini Untuk Basmi Lalat Buah Agar Buah Tetap Segar

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 18 Sep 2019 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lalat buah punya ukuran yang kecil, dan biasanya mengerubungi permukaan buah. Nah, wanita ini bagikan cara mudah untuk membasmi lalat di buah.

Bactocera atau lalat buah, merupakan jenis hama yang umumnya menyerang buah dan sayuran. Lalat buah ini merupakan salah satu hama yang menyebabkan buah jadi gagal panen, termasuk menurunkan kualitas dan kesegaran dari buah serta sayur yang dihinggapi.

Baca Juga: Apa Benar Lalat yang Hinggap pada Makanan Sebarkan Penyakit?
Pakai Cara Mudah Ini Untuk Basmi Lalat Buah Agar Buah Tetap SegarFoto: Istimewa

Dilansir dari Ladbible (18/09), seorang ibu dari Dublin, bernama Tina Smith membagikan cara mudah untuk membasmi lalat buah di rumah. Awalnya ia kesal karena banyaknya lalat buah yang hinggap di rumahnya, padahal ia tak menyimpan buah sama sekali.

"Apakah rumah Anda juga dipenuhi oleh lalat-lalat kecil ini? Saya tidak menyimpan buah-buahan, tapi lalat buah ini tetap ada. Menjijikkan," tulis Tina di akun Facebook miliknya. Banyak netizen yang setuju, dan memenuhi kolom komentar akun Facebook itu dengan curhatan mereka tentang lalat buah.

Akhirnya Tina menemukan satu cara untuk membasmi lalat buah ini dari rumahnya. Untuk itu ia menyiapkan cangkir teh lalu diisi dengan cuka apel. Kemudian cangkir ditutup dengan plastic wrapping, atau pembungkus makanan dari plastik bening, yang diberikan beberapa lubang kecil di atasnya.
Pakai Cara Mudah Ini Untuk Basmi Lalat Buah Agar Buah Tetap SegarFoto: Istimewa

Menurut Tina, lalat buah ini suka dengan rasa manis, sehingga cuka apel yang tampilannya mirip seperti teh manis ini akan membuat lalat buah menghampirinya. Kemudian tekstur lengket dari cuka akan menjebak lalat buah di dalam sana, hingga akhirnya mereka tak bisa keluar lagi.

"Dalam waktu satu jam pertama, saya sudah menangkan 20 lalat buah. Cara ini ampuh untuk membasmi lalat buah"' ungkap Tina. Tina juga menjelaskan bahwa hanya membutuhkan beberapa jam, hingga akhirnya semua lalat buah menghilang dari rumahnya.
Pakai Cara Mudah Ini Untuk Basmi Lalat Buah Agar Buah Tetap SegarFoto: Istimewa

Banyak netizen yang menuruti caranya, dan melaporkan bahwa mereka berhasil menjebak banyak lalat buah dalam satu cangkir cuka apel.

Lalat buah sendiri disebut memiliki potensi untuk mengkontaminasi makanan dengan bakteri dan patogen, yang mereka bawa dari tempat sampah, fermentasi, hingga saluran air.

Baca Juga: Sebaiknya Buang Makanan yang Dihinggapi Lalat, Ini Alasannya



Simak Video "Yummy! Es Buah Mangkok Kelapa Bikin Melek"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)