Rekor Dunia! Festival Makanan Ini Sajikan 1,666 Kg Chicken Karaage

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 17 Sep 2019 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ayam goreng khas Jepang atau karaage jadi menu makanan utama di festival makanan ini. Setidaknya ada ratusan ribu potongan ayam goreng renyah yang ada di sana.

Dalam rangka mencatat rekor dunia terbaru, The Karaage Festival yang diselenggarakan di Nakatsu, Prefektur Oita, Jepang, menyuguhkan 1.666 kg karaage yang dibuat secara bersama-sama. Melibatkan lebih dari 18 restoran, festival ini disambut oleh antusias dari para penggemar ayam goreng di sana.

Baca Juga: Keren! Ini Dia 4 Rekor Dunia Ayam Goreng
Rekor Dunia! Festival Makanan Ini Sajikan 1,666 Kg Chicken KaraageFoto: Istimewa

Dikabarkan NHK World (17/09), The Karaage Festival ini berhasil memecahkan rekor dunia dan mendapatkan penghargaan dari Guinness World Record, sebagai festival yang menyajikan ayam goreng terbanyak di dunia.

Lewat tangan-tangan chef profesional dari 18 restoran yang berpartisipasi, 1.666 kg potongan daging ayam segar dibumbui dengan jahe, bawang putih, hingga kecap asin. Kemudian setelah dimarinasi, daging ayam dibalut dengan tepung dan digoreng hingga renyah.

Setelah matang ratusan ribu potongan karaage ini diletakkan dalam satu kotak besar, lalu dihitung total berat bersih dari ayam goreng ini. Kemudian resmi dinobatkan sebagai festival yang menyajikan ayam goreng terbanyak dan terbesar di dunia, mengalahi rekor terdahulu yang diraih oleh Prefektur Tottori di tahun 2017 lalu.
Rekor Dunia! Festival Makanan Ini Sajikan 1,666 Kg Chicken KaraageFoto: Istimewa

Setelah itu ayam goreng ini dibagikan secara gratis untuk dinikmati para pengunjung yang datang ke sana.

Festival makanan yang memecahkan rekor dunia ini bukan pertama yang pertama kalinya hadir. Sebelumnya Jepang juga mencatat rekor setelah berhasil membuat satu kotak mie instan terbesar di dunia, yang memiliki ukuran 1.5000 kali lebih besar dari ukuran kotak mie instan biasa.

Ada juga rekor terbaru yang dicetak oleh chef asal Jepang, yang berhasil membuat mie telur terpanjang di dunia dengan ukuran mencapai 183 meter.

Baca Juga: Jepang Pecahkan Rekor Dunia dengan Mie Instan Raksasa Untuk Ratusan Orang

Simak Video "Ayam Goreng Serundeng Beraroma Nan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)