5 Sajian Brunch Termewah di Dunia, Salah Satunya Ada di Bali

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 17 Sep 2019 14:07 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Brunch kini jadi waktu makan favorit banyak orang. Dengan brunch, seseorang bisa melahap menu sarapan dan makan siang sekaligus.

Banyak orang melewatkan sarapan karena tak mau bangun pagi. Akhirnya mereka menyantap makanan pertama saat jelang makan siang. Biasanya mulai pukul 10 pagi. Waktu makan ini pun tidak bisa disebut sarapan lagi karena konsepnya sudah bergeser.

Akhirnya muncul istilah 'Brunch' yang merujuk pada singkatan breakfast dan lunch. Konsep ini menggabungkan makan pagi (sarapan) dan makan siang. Waktu makannya antara pukul 10.00 sampai 15.00. Brunch jadi alternatif mereka yang malas sarapan atau mau makan siang lebih awal.

Menilik sejarahnya, brunch konon sudah ada sejak akhir abad 19. Berawal dari masyarakat kelas atas Inggris yang memberi waktu istirahat bagi para pekerjanya di hari Minggu. Para pekerja dipersilakan mencicip makanan prasmanan yang tersedia sepanjang hari.

Karena menggabungkan dua waktu makan, jenis hidangan brunch pun sangat beragam. Ada menu sarapan seperti ragam olahan telur, pancake, dan waffle, sampai hidangan utama yang biasa dinikmati ketika makan siang. Semuanya disajikan sekaligus secara prasmanan sehingga bisa dinikmati sebanyak mungkin.

Kini brunch banyak disajikan di restoran dan hotel. Biasanya mereka menawarkan paket brunch ketika akhir pekan. Pengunjung bisa mencicip ragam sajian sepuasnya pada waktu brunch yang telah ditetapkan.

Di beberapa restoran dan hotel, menu brunch rupanya sangat menyita perhatian. Ada deretan menu mewah dan mahal yang membuat banyak orang ingin mencicipnya. Daily Mail (17/9) merangkum 5 sajian brunch termewah di dunia.

(adr/odi)