Resep Telur Kukus Korea yang Praktis Untuk Sarapan Sehat

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 17 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: Korean Bapsang Foto: Korean Bapsang
Jakarta - Gyeran Jjim atau telur kukus Korea merupakan sajian telur sarapan yang praktis. Hanya dalam 15 menit Anda bisa sajikan telur hangat yang gurih lembut ini.

Seperti di Jepang dan negara Asia lainnya, warga Korea juga menikmati telur untuk sarapan. Selain dibuat telur dadar gulung seperti Jepang, orang Korea biasa membuat telur kukus atau hyeran Jjim untuk menu sarapan.

Saking praktisnya telur kukus ini biasa dibuat dalam mangkuk keramik tahan panas dan langsung dipanaskan di atas api kompor. Telur yang mengembang dan lembut jadi menu sarapan yang lezar.

Kini telur kukus bisa dibuat dengan cara dikukus atau dipanggang dalam oven microwave. Cara masak bisa dipilih sesuai selera. Tetapi jika memakai microwave perhatikan panas atau menu pada oven. Jangan lupa tutup wadah berisi telur saat dimasukkan ke dalam oven.

Resep Telur Kukus Korea yang Praktis Untuk Sarapan SehatFoto: iStock


Penasaran? Jika ingin membuat telur kukus yang lembut ini, ikuti langkah praktis berikut ini.

1. Bahan yang perlu disiapkan, 6 butir telur ayam, 400 ml kaldu ayam atau seafood asli, 1 sdt kecap ikan, 4 sdm daun bawang, iris halus dan 2 sdm wortel yang dicincang halus. Untuk bumbunya siapkan merica bubuk, garam dan minyak wijen untuk olesan.
Resep Telur Kukus Korea yang Praktis Untuk Sarapan SehatFoto: iStock


2. Dalam wadah, pecahkan telur, tambahkan kaldu, merica dan garam secukupnya. Kocok hingga tercampur rata lalu saring.

3. Olesi 3 buah wadah tahan panas. Olesi dengan minyak wijen. Tuangi telur kocok hingga 2/3 tinggi wadah. Karena telur akan sedikit mengembang. Beri daun bawang iris dan wortel cincang,
Resep Telur Kukus Korea yang Praktis Untuk Sarapan SehatFoto: Korean Bapsang


4. Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan, selama 15 menit lalu angkat dan sajikan hangat. Jika akan dipanggang dalam microwave, Tutup wadah dan masak selama 5 menit (tergantung jenis microwave).


Simak Video "Resep Jus Wortel hingga Ceker Mercon Paling Dicari Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)