Mulia! Nenek Ini Berikan Makanan Gratis untuk Orang Miskin Setiap Hari

Sonia Basoni - detikFood Senin, 16 Sep 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak cara untuk melakukan kebaikan dan berbagai kepada sesama. Seperti yang dilakukan nenek ini. Ia memberikan ratusan makanan gratis setiap harinya untuk orang yang membutuhkan.

Jika sebagian besar orang lebih memilih untuk bersantai di usia senja mereka, berbeda dengan nenek berusia 70 tahun ini, yang setiap harinya membagikan makanan gratis ke orang-orang miskin. Nenek bernama Rani ini, memiliki kedai kecil yang menjual idli, hidangan tradisional khas India yang terbuat dari sayuran dan biasanya disantap saat sarapan.

Baca Juga: Mulia! Tiap Bulan YouTuber Ini Masak dan Bagikan Makanan ke 1.000 Anak Yatim
Mulia! Nenek Ini Berikan Makanan Gratis untuk Orang Miskin Setiap HariFoto: Istimewa

Dikabarkan India Today (15/09), dengan senyuman tulusnya, Rani yang berasal dari Agni Tirtham, Rameswaram, India, selalu bekerja keras setiap harinya untuk memasak idli. Ia selalu memberikan makanan gratis bagi orang yang tidak mampu, dan menjual makanannya dengan harga murah bagi pelanggan lainnya.

Untuk memasak idli, Rani masih menggunakan peralatan masak tradisional kompor kayu. Dibantu oleh salah satu asistennya, tak pernah sekali pun kedainya ini tutup. Satu porsi idli buatannya ia hargai Rs 30 (Rp 5,886). Di mana kisaran harga idli sendiri sudah mencapai Rs 60 (Rp 11,773) di tempat lainnya.

Menurut Rani alasan mengapa banyak orang yang datang ke kedainya, karena ia menganggap setiap pembeli adalah keluarganya.
Mulia! Nenek Ini Berikan Makanan Gratis untuk Orang Miskin Setiap HariFoto: Istimewa

"Saya tidak memiliki kedai makanan yang layak. Orang-orang yang datang kemari adalah orang-orang yang saya sayangi. Saya tidak pernah menganggap mereka sebagai pembeli, saya sudah menganggap mereka sebagai keluarga sendiri," lanjut Rani yang menuturkan bahwa dia masih mampu menafkahi dirinya sendiri, meski sudah membagikan makanan gratis.

Menurut asistennya yang bernama Rakku, sang nenek tak pernah mau menerima uang dari orang yang kurang mampu. Banyak sekali pembeli yang datang setiap harinya, dan sang nenek tak pernah meminta uang. Jika para pembeli tak punya uang, Rani akan tetap memberikannya makanan secara gratis.

Karena hal ini lah, kedai idli milik Rani jadi terkenal di kalangan warga lokal hingga wisatawan.
Mulia! Nenek Ini Berikan Makanan Gratis untuk Orang Miskin Setiap HariFoto: Istimewa

"Di kota Rameswaram, jika Anda berkunjung ke hotel manapun dan membeli idli di sana kisaran harganya sudah Rs 60. Tapi di kedai ini harganya hanya Rs 30. Hal yang paling penting adalah, meski sudah berusia 70 tahun tapi dia (Rani) masik bekerja dengan giat, dan mempertahankan metode serta resepnya saat memasak," tutur salah satu pelanggan kedai itu.

Selain di India, kisah serupa juga terjadi di Amerika. Di mana seorang pemilik restoran asal Pakistan, membagikan makanan gratis untuk 16.000 orang setiap tahunnya.

Baca Juga: Restoran Ini Bagikan Makanan Gratis Untuk 16.000 Orang Tiap Tahun



Simak Video "Unik! Begini Kalau Pesawat Airbus Diubah Jadi Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)