Ternyata Banyak Netizen Belum Tahu Asal Usul Kacang Mete

Riska Fitria - detikFood Senin, 16 Sep 2019 10:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kacang mete rasanya gurih enak, makanya banyak orang suka ngemil kacang ini. Namun, tahukah kamu bagaimana kacang mete ini tumbuh?

Hampir semua jenis kacang-kacangan berasal dari biji berkulit keras atau berasal dari dalam tanah. Tetapi agak berbeda dengan kacang mete. Kacang berbentuk seperti bulan sabit ini bernama Latin Anacardium occidentale berasal dari Amerika Tengah, tersebar ke Amerika Selatan hingga ke negara-negara Asia termasuk Indonesia.

Namun sayangnya, banyak yang belum mengetahui persis bagaimana kacang ini tumbuh. Sebagian besar orang mengira bahwa kacang mete berupa bijian berkulit keras seperti halnya kacang-kacang lain.
Ternyata Banyak Netizen Belum Tahu Asal Usul Kacang MeteFoto: iStock

Meski bernama kacang, jenis kacang ini justru tidak berupa bijian berkulit keras yang langsung menempel pada batang. Kacang ini merupakan biji dari jambu mete atau biasa dikenal dengan sebutan jambu monyet. Kacang mete ada di bagian bawah buah berbentuk lonjong runcing. Kulitnya berwarna dari kuning terang hingga oranye kemerahan.

Soal asal-usul kacang mete ini ramai diperbincangkan netizen, setelah salah satu pengguna twitter mengunggah foto jambu monyet yang memperlihatkan kacang mete tumbuh di bawahnya, lapor Delish (13/9) . Dalam foto yang diunggah oleh Colleen Ballinger, seorang bintang Broadway lewat akunnya @colleenb123. Ia mengaku terkejut dengan asal-usul kacang mete.

"Setelah sekian lama lahir, saya baru tahu kalau kacang mete tumbuhnya seperti ini," tulisnya.
Ternyata Banyak Netizen Belum Tahu Asal Usul Kacang MeteFoto: iStock

Baca Juga : Ngaco! Begini Cara Netizen Menjelaskan Asal Usul Nama Makanan

Unggahan twitter pada Kamis (12/9) itu spontan mengundang berbagai tanggapan netizen. Ternyata sebagian besar dari netizen juga baru mengetahui tentang asal kacang mete.

"Sekarang aku baru tahu, kalau kacang mete tumbuh dari buah jambu monyet," tulis akun bernama @kaylam_o.

Ada juga yang mengaku ketakutan melihat penampilan kacang yang menggantung di buah jambu. Itu karena jambu mete terlihat seperti memiliki wajah dengan dua mata dan mulut.

"Kacang mete, Aku gak senang lihat tampilannya seperti ini," tulis @pecker_grabber.
Ternyata Banyak Netizen Belum Tahu Asal Usul Kacang MeteFoto: iStock

Tentu tak terbayangkan bagaimana panjangnya proses memanen buah jambu monyet kemudian mengambil biji kacang mete. Biji kacang mete masih harus dijemur dan dikupas kulit kerasnya. Kacang ini berkulit keras yang mengandung anacardic acid dan cordol yang bisa merusak kulit saat dikupas. Karenanya pekerja perkebunan kacang mete umumnya kulit tangannya rusak.

Sementara jambu atau buah jambu metenya biasanya dibuang sebagai sisa produksi. Padahal jambunya empuk juicy dengan rasa asam segar sedikit menyengat dan sangat kaya akan vitamin C dan anarcardic acid yang berperan sebagai antioksidan. Karenanya kini jambu mete mulai dimanfaatkan untuk industri kosmetik dan minuman kesehatan.
Ternyata Banyak Netizen Belum Tahu Asal Usul Kacang MeteFoto: iStock

Biji kacang mete merupakan sumber protein nabati yang baik. Selain itu juga mengandung lemak sehat, vitamin C, vitamin B6, tiamin, magnesium, seng, besi, tembaga dan kalium.

Mengonsumsi kacang mete dikaitkan bisa mempengaruhi mood menjadi lebih baik. Itu karena adanya kandungan triptofan yang menghasilkan serotonim, hormon yang berperan meningkatkan suasana hati.

Baca Juga : Begini Asal Usul Terciptanya Tempura hingga Croissant
https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-4181052/begini-asal-usul-terciptanya-tempura-hingga-croissant

Simak Video "Lapek Koci, Kuliner Khas Pariaman yang Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)