3 Langkah Mudah Bikin Orak-arik Telur Kentang Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 16 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: The Whole Cook
Jakarta - Cuman punya kentang dan telur? Atau malas makan nasi saat sarapan? Bikin saja orak-arik yang gurih dan kaya nutrisi ini. Cukup 15 menit!

Kentang merupakan salah satu umbian yang kaya akan karbohidrat dan serat. Tiap 100 g kentang rebus mengandung 103 kalori, 19.52 gram karbohidrat dan 1.7 gram. Sementara 100 g nasi kalorinya 130 gram, mengandung 28.1 gram karbohidrat dan 1.4 gram serat. Dibandingkan dengan nasi kandungan karbohidratnya lebih kecil. Karenanya kentang digemari oleh pelaku hidup sehat atu mereka yang sedang berdiet.

Bersama telur kentang bisa menjadi sajian sarapan penuh nutrisi. Apalagi jika ditambah dengan sayuran lain. Kandungan protein dan lemak dari telur bisa memberi asupan sehat di pagi hari.

Jika tak punya banyak waktu menyiapkan di dapur. Resep orak-arik kentang dan telur ini bisa jadi pilihan. Mudah dibuat dan isiannya bisa ditambahkan sesuai selera. Coba saja ikuti 3 langkah mudah ini.


3 Langkah Mudah Bikin Orak-arik Telur Kentang Buat SarapanFoto: iStock


1. Siapkan 1 buah kentang sedang. Cuci bersih. Bisa dkupas atau tidak. Potong-potong kentang bentuk dadu kecil. Rebus sebentar dalam air mendidih hingga lunak. Angkat dan tiriskan.

2. Kocok 3 butir telur ayam bersama 1/2 sdt lada bubuk dan 1/2 sdt garam. Tambahkan 2 sdm bayam atau daun sawi yang diiris agak kasar dan 1 sdm bawang bombay cincang. Jika suka, tambahkan 1 buah cabai merah, iris halus. Aduk semuanya hingga rata.

3 Langkah Mudah Bikin Orak-arik Telur Kentang Buat SarapanFoto: iStock


3. Panaskan 1 sdm mentega atau 2 sdm minyak sayur, tumsi sebentar kentang hingga agak kering. Tuangkan campuran telur, kecilkan api. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata lalu angkat. Sajikan hangat saus sambal atau saus tomat jika suka.



Simak Video "Dibuang Sayang, Kulit Kentang Bisa Dibuat Jadi Keripik Renyah"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)