Kenapa Ya Kalau Lagi Patah Hati Jadi Malas Makan?

Devi Setya - detikFood Kamis, 12 Sep 2019 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jatuh cinta memang berjuta rasanya, lain dengan patah hati yang identik dengan rasa sedih dan sakit. Sampai-sampai nafsu makan pun susut karena hati yang terluka.

Banyak kasus patah hati yang membuat orang tak nafsu makan. Jangan heran, karena kondisi mood yang buruk karena patah hati berpengaruh juga pada selera makan. Kenapa ya?

Patah hati memberikan perasaan tak nyaman yang juga berpengaruh pada psikis. Hal ini juga yang membuat orang malas makan dan hanya ingin menangis mengingat kenangan manis. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan yang membuat orang malas makan saat patah hati.

1. Nafsu makan berkurang karena stres
Kenapa Ya Kalau Lagi Patah Hati Jadi Malas Makan?Foto: iStock

Saat pikiran sedang stress, tubuh juga meresponnya dengan berbagai dampak. Salah satunya merasakan denyut jantung yang lebih cepat, otot menegang dan pernapasan yang lebih cepat. Reaksi ini adalah efek dari pelepasan hormon stres.

Selain itu, tubuh juga otomatis mematikan beberapa fungsi seperti sistem pencernaan. Inilah yang memuat hormon ghremlin pemucu lapar pun akan berhenti diproduksi. Efeknya adalah penurunan motivasi untuk menyantap makanan, meskipun di depannya ada makanan kesukaan.

Baca juga : Terungkap! Jatuh Cinta Bikin Rasa Makanan Lebih Manis

2. Lebih memilih tiduran dan malas-malasan
Secara umum, dalam kondisi apapun tubuh harus tetap mendapat asupan makanan. Tapi orang yang sedang mengalami gundah gulana karena patah hati akan lebih memilih tiduran dan bermalasan dibandingkan makan.

Berbaring seharian di tempat tidur sambil menangisi kepergian belahan hati akan jadi pilihan banyak orang yang patah hati. Hal ini diperparah jika orang ini tidak memiliki stok makanan. Alhasil ia akan memilih untuk menahan lapar, dibanding keluar untuk mencari makanan.

3. Tubuh ikut merasakan sakit
Kenapa Ya Kalau Lagi Patah Hati Jadi Malas Makan?Foto: iStock

Dilansir dari YourTango, pakar psikologis Marina Pearson dan Debra Smouse mengatakan luka emosional juga memberi efek pada tubuh. Bagi orang yang patah hati, tubuh secara tak langsung juga akan merasakan sakit meskipun lukanya tidak tampak.

Rasa sakit pada dada dan perut begitu nyata sehingga orang yang patah hati tak bisa membedakan antara sakit karena emosi atau sakit karena lapar. Paduan antara reaksi emosi dan fisik ini membuat orang kehilangan nafsu makan.

4. Rasa makanan jadi tak enak
Rasa sakit emosional juga mempengaruhi respon tubuh terhadap makanan. Memang sulit membujuk orang patah hati untuk makan, selain kehilangan selera, orang ini juga merasa makanan yang disantapnya tidak enak.

Makanan ini tak terkecuali untuk jenis apapun, jika biasanya ia suka pada jenis makanan tertentu maka saat patah hati, makanan ini terasa hambar.

Baca juga : Sedang Patah Hati? Redakan Perasaan dengan Lima Makanan Ini

5. Solusi agar orang patah hati tetap makan
Kenapa Ya Kalau Lagi Patah Hati Jadi Malas Makan?Foto: iStock

Tentunya nafsu makan harus dikembalikan karena kesedihan yang terjadi terus menerus akan mengundang lebih banyak penyakit. Salah satu solusinya adalah berbagi cerita dengan sahabat atau keluarga.

Dengan cara ini, minimal ada rekan yang tahu kondisi Anda. Sebagai sahabat juga sebaiknya beri motivasi yang membangun serta jangan lupa mengajaknya makan. Coba tawarkan makanan manis atau cokelat yang bisa memberi efek menenangkan.



Simak Video "Kenapa Sih Makan Petai Membuat Nafsu Makan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)