Hati-hati! Sering Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Libido Turun

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 12 Sep 2019 17:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hasrat seksual atau libido, punya peran penting dalam sebuah hubungan. Banyak makanan yang dapat meningkatkan gairah seks, tapi ada juga makanan yang harus dihindari.

Menurut pakar seksologi dan hubungan asal Sydney, yang akrab disapa Dokter Lurve. Makanan memiliki efek untuk mempengaruhi suasana hati, selain itu makanan juga mempengaruhi energi hingga emosional seseorang yang bisa mempengaruhi libido seseorang.

Dilansir dari Dailymail (12/09), berikut lima makanan yang harus dihindari agar libido tidak turun.


1. Keju

Hati-hati! Sering Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Libido TurunFoto: iStock

Makanan yang satu ini digemari banyak orang, bahkan kerap menjadi tren makanan beberapa tahun terakhir. Mulai dari makanan gurih, manis, hingga minuman semuanya menggunakan topping keju. Meski kaya kalsium, ternyata keju bisa mempengaruhi hasrat seksual.

"Keju itu buruk untuk hasrat seksual, keju bisa membuat hormon Anda menjadi tidak seimbang, dan membuat gairah seks Anda berkurang," jelas Dokter Lurve. Hal ini disebabkan dari kandungan asam laktat yang ditemukan dalam produk susu, yang bisa menekan tingkat libido.


2. Cokelat

Hati-hati! Sering Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Libido TurunFoto: iStock

Rasanya manis dan enak, cokelat sering dianggap sebagai makanan yang bisa meningkatkan libido. Tapi ternyata menurut beberapa ahli dan penelitian, hal ini tidak sepenuhnya benar. Menurut para ahli menyantap cokelat dalam jumlah yang besar, justru dapat menimbulkan efek sebaliknya.

Cokelat mengandung Methylxanthines yang membuat jaringan kulit menjadi lebih sensitif ketika disentuh, dan membuat orang menjadi lesu. Bahkan bagi sebagian wanita, cokelat bahkan membuat mereka lebih cepat lelah dan menurunkan gairah seksual mereka.


3. Makanan Berlemak

Hati-hati! Sering Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Libido TurunFoto: iStock

Menurut Dokter Lurve, makanan pesan antar, bisa menjadi salah satu faktor turunnya libido dalam kehidupan seksual seseorang. Meskipun dinilai lebih praktis, dan mudah. Tapi memesan makanan ini, membuat kita tidak mengetahui kandungan makanan tersebut.

Kebanyakan makanan pesan antar ini dipenuhi dengan lemak, yang membutuhkan proses lama untuk mengurai lemak ini dari tubuh. Sehingga semua energi terserap ke sana, dan membuat orang lebih cepat mengantuk. Jadi dibandingkan melakukan hubungan intim, kebanyakan orang lebih memilih untuk pergi tidur setelah menyantap makanan berlemak.


4. Sayuran

Hati-hati! Sering Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Libido TurunFoto: iStock

Tidak semua jenis sayuran memiliki efek menurunkan libido. Hanya sayuran berjenis Cruciferous saja yang menurut Dokter Lurve sebaiknya dihindari, jika berhubungan dengan hal seksual. Jenis sayuran ini terdiri dari asparagus, brokoli, hingga kembang kol.

Secara langsung makanan ini memang tidak mempengaruhi libido seseorang. Hanya saja jenis sayuran ini bisa memproduksi gas, ketika dikonsumsi oleh tubuh. Sehingga membuat orang lebih sering buang angin. Agar aktivitas ranjang tak terganggu dengan bunyi buang angin, Dokter Lurve merekomendasikan untuk membatasi asupan sayuran ini sebelum berhubungan.


5. Alkohol

Hati-hati! Sering Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Libido TurunFoto: iStock

Selain membuat Mr. P memiliki aroma yang kurang sedap, ternyata alkohol juga berpengaruh pada hasrat seksual seseorang. Menurut Dokter Lurve, pria yang mengonsumsi terlalu banyak alkohol, memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami disfungsi ereksi. Sementara untuk wanita, mereka akan sulit mengalami orgasme.

"Selain kedua hal itu, banyak orang yang meminum alkohol dan akhirnya membuat mereka terlalu mabuk, untuk berhubungan seks atau mencapai orgasme," pungkas Dokter Lurve.

Banyak juga makanan yang bisa meningkatkan libido, seperti tiram, kambing, alpukat, hingga kacang yang kaya akan L-arginen, asam amino yang dapat membantu fungsi seksual pada pria dengan melemaskan pembuluh darah.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bereputasi sebagai Pemicu Libido yang Baik

Simak Video "Yuk, Bikin Makanan Organik Sendiri di Rumah!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com