Resep Telur Panggang Keju yang Praktis Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 13 Sep 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hanya punya stok telur? Dengan sedikit kreasi tambahan bahan, telur bisa diolah jadi telur panggang yang creamy enak buat sarapan.

Kalau bosan dengan telur goreng, omelet atau orak-arik, bikin saja telur panggang. Dikenal dengan nama Baked Eggs, sajian telur ini populer sebagai menu sarapan. Telur yang hangat dan gurih ini bisa ditambah aneka isian.

Untuk paduan dan isiannya bisa dipakai bawang bombay cincang, daging asap cincang, irisan sosis, daun baang cincang, kucai cincang atau keju parut. Tak ada batasan, bisa Anda manfaatkan stok sayuran dan rempah yang ada di dapur.

Untuk mencetaknya bisa dipakai mangkuk tahan panas, cetakan muffin, atau cetakan cupcake silikon atau cup aluminium. Semua cetakan tahan panas bisa digunakan untuk Baked Eggs.


Resep Telur Panggang Keju yang Praktis Buat SarapanFoto: iStock


Proses pembuatannya cukup mudah, jika ingin membuat Baked Eggs dengan paduan keju, ikuti langkah pembuatannya berikut ini.

1. Untuk membuat 4 buah telur panggang, siapkan 1 sdm mentega, 4 sdm krim kental atau susu cair, 4 butir telur ayam negeri atau 2 butir telur ayam kampung. Sebagai bumbunya, garam, lada bubuk dan untuk taburannya 2 sdm keju cheddar parut.

2. Siapkan 4 wadah tahan panas, olesi tipis-tipis dengan mentega. Tuangi masing-masing dengan 1 sdm krim/susu.

Resep Telur Panggang Keju yang Praktis Buat SarapanFoto: Dok Pinch and Swirl


5. Pecahkan telur ke dalam masing-masing wadah. Taburi dengan garm, lada dan keju parut. Panggang dalam oven panas 180 C selama 10-12 menit. Angkat dan sajikan hangat.



Simak Video "Resep Jus Wortel hingga Ceker Mercon Paling Dicari Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)