Rekomendasi Tempat Makan

Gaya Kaki Lima dan Restoran, Mie Goreng Khas Jawa Ini Bikin Ngiler

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 12 Sep 2019 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain mie godog yang dipenuhi kuah hangat. Mie goreng gaya Jawa juga tak kalah enak, dicampur dengan sayuran, dan topping ayam rasanya semakin lezat.

Sering dijual dalam tempat yang sama, mie godog dan mie goreng Jawa sama-sama banyak penggemarnya. Kalau sedang ngidam mie goreng enak, dengan rasa yang gurih. Bisa coba mie goreng Jawa gaya tradisional yang dilengkapi dengan aneka sayuran, kemudian ditumis dengan bumbu kemiri yang gurih.

Tak hanya kaki lima atau rumah makan saja, menu mie goreng Jawa ini juga disajikan dengan gaya kafe hingga restoran. Nah, di lima tempat ini menyajikan menu mie goreng jawa yang klasik dan bisa dicoba.




1. Bakmi Jawa Jogja Mas Kus

Gaya Kaki Lima dan Restoran, Mie Goreng Khas Jawa Ini Bikin NgilerFoto: Istimewa

Terletak di wilayah Palmerah Barat, warung makan Bakmi Jawa Jogja Mas Kus tak kalah dengan kedai mie Jawa lainnya, yang terkenal dan populer di Jakarta. Cara memasaknya masih menggunakan tungku, dan porsi mie nya royal.

Selain mie godognya, menu mie goreng Jawanya juga bikin ngiler. Menggunakan mie telor, bakmi goreng sedikit dibuat 'nyemek' atau sedikit basah. Ditambahkan dengan tomat, telur, kol, irisan cabe, dan bawang goreng rasanya enak dan bikin kenyang. Karena dimasak dengan arang, aromanya jadi semakin harum. Kisaran harganya sekitar Rp25.000 saja.

Bakmi Jawa Jogja Mas Kus
Jalan Palmerah Barat 4 No.22.
Palmerah, Jakarta Barat.
Telp: 0819-0562-8274


2. Mie Jogja Pak Karso

Gaya Kaki Lima dan Restoran, Mie Goreng Khas Jawa Ini Bikin NgilerFoto: Istimewa

Letaknya di Balai Pustaka Timur, di sini gaya mie Jawanya berasal dari Surabaya. Jadi tak heran di restoran ini tersedia menu aneka penyetan, seperti ayam penyet hingga bebek penyet. Tapi tak perlu khawatir, karena rasa dari mie goreng Jawa yang ada di Pak Karso tetap enak.

Di sini terdapat dua jenis pilihan mie goreng Jawa, yaitu mie goreng ayam dan mie goreng sapi. Bahan yang digunakan sama dengan mie goreng Jawa lainnya, hanya saja rasa dari mie goreng ini jauh lebih padat karena irisan daging sapi atau ayam yang cukup royal, dan berpadu dengan tumisan sayuran. Kisaran harganya dari Rp 26.000 saja.

Mie Jogja Pak Karso
Jl. Balai Pustaka Timur No. 49, Rawamangun, Jakarta.
Telp: 021 60233995


3. Warung Bakmi Jawa & Wedangan Pa' Pom

Gaya Kaki Lima dan Restoran, Mie Goreng Khas Jawa Ini Bikin NgilerFoto: Istimewa

Cipete punya banyak restoran dan tempat makan yang enak. Kalau sedang ngidam makan mie goreng gaya Jawa yang enak, dengan ditemani wedang. Bisa langsung mampir ke warung bakmi Jawa punya Pa' Pom. Di sini tempat makannya lumayan nyaman, dan harganya juga bersahabat.

Ciri khas bakmi Jawa di sini, menggunakan mie telur yang dibuat sendiri tanpa pengawet atau pewarna. Menu bakmie gorengnya tak kalah menarik, ditambah dengan suwiran daging ayam kampung, pakai telur, kol, daun bawang, dan ditaburi bawang goreng. Sementara tersedia juga menu Magelangan, yaitu nasi goreng campur bakmi dengan tambahan kerupuk dan sayuran. Kisaran harganya sekitar Rp 29.000 saja.

Warung Bakmi Jawa & Wedangan Pa' Pom
Jl. Cipete Raya No. 7, Fatmawati, Jakarta Selatan.
Telp: 081387991430


4. Mie Godok Jawa

Gaya Kaki Lima dan Restoran, Mie Goreng Khas Jawa Ini Bikin NgilerFoto: Istimewa

Mau makan mie goreng gaya Jawa di dalam mall yang nyaman? Bisa mampir ke food court makanan tradisional Dapur Raya, yang ada di Pasaraya Grande. Di sini ada gerai Mie Godok Jawa yang selalu penuh saat jam makan siang, menu yang ditawarkan tentunya spesial mie hingga nasi goreng.

Selain mie godok Jawa, menu bakmie goreng Jawa nya juga menggugah selera. Kisaran harganya Rp 30.000 dengan porsi bakmi yang cukup banyak dan mengenyangkan. Rasanya enak, dan sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Mie Godok Jawa
Pasaraya Grande, Lantai Lower Ground, Dapuraya.
JL. Iskandarsyah II, Melawai, Jakarta Selatan.


5. Tjikini

Gaya Kaki Lima dan Restoran, Mie Goreng Khas Jawa Ini Bikin NgilerFoto: Istimewa

Mau makan mie goreng gaya Jawa di kafe kekinian juga bisa. Di kafe Tjikini, yang ada di wilayah Cikini, menawarkan berbagai menu makanan tradisional yang enak dan beragam. Di sini ada menu khusus spesial mie gaya Jawa, mulai dari mie godog, mie kangkung, hingga mie goreng Jawa nya yang enak.

Mie goreng disajikan dengan irisan kol, daun bawang, ayam suwir, taburan bawang goreng, dan tambahan emping sebagai toppingnya. Rasanya cukup enak, dengan kisaran harga sekitar Rp 40.000. Bisa makan sambil nongkrong dan ngopi di sini.

Tjikini
Jl. Cikini No. 17, Cikini, Jakarta Pusat.
Telp: 021 31935521



Simak Video "Nongkrong Sambil Makan Dessert Enak di Kakolait"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)