Resep Capcay Goreng Kuah Kental yang Mudah dan Enak

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 11 Sep 2019 09:30 WIB
Resep Capcay Goreng Kuah Kental yang Mudah dan Enak/Foto: Istimewa Resep Capcay Goreng Kuah Kental yang Mudah dan Enak/Foto: Istimewa
Jakarta - Capcay menjadi salah satu menu makan enak yang mengandung banyak nutrisi. Makanan ini mudah disajikan di rumah karena resep capcay yang mudah untuk dimasak. Bagaimana ya caranya?

Ada berbagai variasi capcay yang bisa diolah, misalnya capcay Jawa, capcay seafood, hingga capcay bakso. Makanan yang praktis ini tentu menjadi favorit setiap orang.

Nah, berikut resep capcay goreng kuah kental ala detikFood:

Pertama-tama siapkan wajan yang berisi 3 sendok makan minyak sayur, dan 1/2 sendok teh minyak wijen. Panaskan dan tumis 2 siung bawang putih dan 25 gram bawang bombay yang telah dicincang hingga harum.

Selanjutnya, masukkan 100 gram udang kupas yang telah dicincang ukuran sedang, 100 gram daging ayam, satu buah hati ayam yang telah dipotong kecil untuk menambah pelengkap dalam resep capcay.


Resep Capcay Goreng Kuah Kental yang Mudah dan EnakResep Capcay Goreng Kuah Kental yang Mudah dan Enak Foto: Istimewa


Kemudian tambahkan potongan 5 butir bakso sapi, irisan tipis 5 butir bakso ikan. Aduk hingga merata semua bahan yang telah dimasukkan ke dalam wajan tadi.

Tuang air sebanyak 100 ml, tambahkan 1/2 sendok makan saus tiram, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, dan aduk kembali hingga mendidih. Wangi capcay pun akan tercium ketika diaduk.

Besarkan api dan masukan 100 gram daun kol, daun bawang, 150 gram wortel yang telah dipotong-potong, 150 gram kembang kol yang diiris tipis, dan 50 gram kapri. Aduk kembali hingga layu.


Resep Capcay Goreng Kuah Kental yang Mudah dan EnakResep Capcay Goreng Kuah Kental yang Mudah dan Enak Foto: Istimewa


Terakhir, resep capcay akan sempurna dengan tambahan larutan 1/2 sendok teh tepung maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk hingga semua matang dan menghasilkan kuah kental.

Angkat dan sajikan. Resep capcay goreng kuah kental cocok untuk 4 orang dan dinikmati hangat-hangat. Lezat!

Selamat mencoba!

Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com