Ini 10 Kebiasaan Buruk Saat 'Drive Thru' yang Perlu Dihindari

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 11 Sep 2019 10:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Drive thru memang cocok untuk Anda yang sedang menghemat waktu. Namun Anda perlu hindari 10 kebiasaan ini agar tidak memperlambat antrean.

Drive thru sering jadi pilihan praktis bagi Anda yang ingin membeli makanan tanpa perlu turun dari kendaraan sehingga akan menghemat waktu. Namun ternyata bisa saja Anda akan menghabiskan waktu lama ketika drive thru karena melakukan 10 kebiasaan buruk yang telah dilansir dari Taste of Home (3/9) berikut.

Baca Juga: Heboh Driver Ojol Labrak Karyawan Restoran Fast Food, Begini Kisahnya

1. Belum menyiapkan pesanan

Ini 10 Kebiasaan Buruk Saat 'Drive Thru' yang Perlu DihindariFoto: Istimewa

Ketika Anda ingin memesan namun masih belum tahu ingin memesan apa, sebaiknya Anda masuk ke dalam restoran agar dapat meluangkan waktu untuk memesan atau bahkan bertanya tanpa memperlambat jalur drive thru.

Sebab beberapa restoran ada yang menentukan waktu untuk staf mereka dalam memproses pesanan setiap mobil, sehingga mobil yang lebih lambat sebenarnya dapat memengaruhi peringkat kinerja pekerja.

2. Tidak bicara dengan jelas

Jika sudah giliran Anda dalam memesan, bicaralah dengan jelas ke speaker. Jangan sambil bicara ke kursi belakang atau bahkan sambil berteriak. Sebab kebanyakan ketika Anda sudah sampai di drive thru, Anda baru menanyakan setiap pesanan ke beberapa orang yang ada di dalam mobil, sehingga akan sulit didengar dan memperlambat pesanan. Akan ada kemungkinan kesalahan dalam pesanan Anda.

3. Sambil berbicara di telepon

Ini 10 Kebiasaan Buruk Saat 'Drive Thru' yang Perlu DihindariFoto: Istimewa

Wanita karir yang sedang terburu-buru, tentu tidak punya waktu banyak sehingga akan memesan makanan secara drive thru. Bahkan bisa saja sambil berbicara di telepon.

Jika Anda sedang mengobrol di telepon ketika sedang drive thru, lebih baik jeda terlebih dahulu untuk melakukan pemesanan. Sebab akan membingungkan pekerja untuk mencatat pesanan Anda. Jadi lebih baik jeda telepon hingga staf sudah mengulangi pesanan Anda dan sudah berikan total seluruhnya.

4. Memesan terlalu banyak

Drive thru ialah jalur ekspres sehingga harus cepat dan efisien. Jadi jika Anda memesan makanan untuk suatu acara dalam jumlah banyak, terutama pesanannya berbeda-beda, lebih baik Anda memesan ke dalam restoran agar tidak membuat antrean yang sangat panjang di jalur drive thru.

5. Bayar sendiri-sendiri dalam satu mobil

Ini 10 Kebiasaan Buruk Saat 'Drive Thru' yang Perlu DihindariFoto: Istimewa

Jika Anda sedang berpergian dengan teman-teman kemudian memutuskan untuk drive thru makanan, maka lebih baik jangan membayar secara terpisah. Apalagi jika membayar dengan kartu debit yang berbeda setiap pesanan. Tentu akan memperlambat pesanan. Jadi lebih baik Anda memesan ke dalam restoran sehingga tidak merepotkan pekerja.

6. Ikuti petunjuk dengan benar

Ketika Anda sedang di drive thru, Anda perlu berbaris di belakang mobil secara teratur hingga giliran Anda memesan. Setelah memesan tentu akan diminta untuk maju kedepan agar membayar dan mengambil pesanan. Pastikan Anda berhenti dekat dengan jendela sehingga memudahkan pekerja memberikan makanan dan memberikan kartu debit ketika Anda ingin membayar.

7. Menambah pesanan di jendela

Ini 10 Kebiasaan Buruk Saat 'Drive Thru' yang Perlu DihindariFoto: Istimewa

Ketika Anda sudah sampai di jendela pengambilan makanan, tentu Anda tinggal mengambil pesanan Anda yang sudah diberikan oleh pekerja. Jadi tidak disarankan untuk mengubah atau bahkan menambah pesanan ketika sudah sampai di jendela. Sebab akan membuat pekerja kebingungan. Jika Anda ingin menambah pesanan, lebih baik Anda masuk ke dalam restoran untuk memesan makanan yang Anda inginkan.

8. Kelamaan di jendela

Ketika Anda berlama-lama di jendela akibat mencari dompet atau bahkan masih mengobrol dengan teman di samping Anda, tentu akan membuang-buang waktu di jendela pengambilan makanan. Apalagi jika Anda mengajak pekerja ngobrol. Jadi lebih baik persingkat waktu ketika sedang di drive thru tanpa berlama-lama agar tetap efisien untuk semua yang mengantri.

9. Membayar tunai

Ini 10 Kebiasaan Buruk Saat 'Drive Thru' yang Perlu DihindariFoto: Istimewa

Jika Anda memesan di drive thru, lebih baik Anda membayar pesanan dengan uang pas agar tidak memperlambat waktu menunggu uang kembalian. Atau jika ingin lebih cepat, gunakanlah kartu debit. Hal ini akan mempersingkat waktu dalam membayar.

10. Mendengarkan musik dengan keras

Tidak sedikit pengemudi mobil akan mendengarkan musik dengan keras untuk menemani selama perjalanan. Namun jangan lakukan ini ketika Anda di drive thru. Sebab akan menyulitkan karyawan untuk mendengar pesanan Anda. Jadi matikan terlebih dahulu musik Anda saat mengantri agar tidak menganggu pendengaran atau pemesanan pelanggan lain.

Baca Juga: Ya Ampun! Youtuber Ini 100 Kali Bolak-balik Pesan Makanan Via Drive Thru

Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com