Warung Tenda Daerah

Ayo, Jajan Pecel Lele Jawa Timuran yang Sedap di 5 Warung Ini!

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Sep 2019 15:00 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Warung Tenda Daerah
Jakarta - Warung pecel lele seperti sudah jadi salah satu ikon warung tenda] yang melegenda. Sajian utamanya jelas lele goreng yang renyah kriuk dilengkapi sambal dadak.

Makan lele goreng di warung tenda memang nikmat. Ikan lele yang digoreng segar hingga dagingnya tetap lembut gurih tanpa anyir. Apalagi kalau lele digoreng garing dalam minyak banyak sampai membuat teksturya garing kriuk-kriuk. Nasi putih atau nasi uduk hangat siap melengkapi santap lele goreng. Ditambah lagi lalapan dan sambal yang pedas nendang bikin makan makin lahap.

Sajian lele goreng dengan sambal segar merupakan sajian populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di kota-kota kecil dengan lahan persawahan luas, lele merupakan hasil sampingan yang diambil dari empang dekat sawah dan rumah. Karenanya diolah dengan cara sederhana. Cukup digoreng dan dimakan dengan sambal saja.

Tak sulit menemukan warung tenda pecel lele khas Jawa Timuran, paling banyak pedagangnya menyematkan nama Lamongan pada spanduknya. Di Jakarta ada beberapa kedai pecel lele Jawa Timur yang terkenal karena kelezatan rasanya.

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Warung Tenda Daerah

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com