Demi Toleransi, Seniman Muslim di India Ini Bikin Patung Ganesha dari Cokelat

Riska Fitria - detikFood Selasa, 10 Sep 2019 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Salah satu seniman di India, membuat patung Ganesha dari cokelat seberat 106 kg. Bentuknya indah, lengkap dengan aksesoris berwarna emas di tubuhnya.

Ganesha adalah salah satu dewa dalam agama Hindu. Ganesha merupakan dewa dengan gelar Dewa pengetahuan dan kecerdasan, Dewa pelindung, Dewa penolak bala atau bencana, dan Dewa kebijaksanaan.

Biasanya banyak ditemukan di India, karena memang di sana mayoritas penduduknya beragama Hindu. Untuk menghormati rasa toleransi antar umat beragama, salah satu seniman muslim mencoba membuat patung Ganesha dengan menggunakan cokelat.
Demi Toleransi, Seniman Muslim di India Ini Bikin Patung Ganesha dari Cokelat Foto: Istimewa

Seniman tersebut bernama Harinder Kukreja yang juga merupakan pemilik toko roti bernama Sikh bakery di Ludhiana, India. Dilansir dari Times of India (9/9) Kukreja sudah membuat karya seperti ini sejak 4 tahun terakhir.

Jenis cokelat yang digunakan adalah cokelat Belgia. Biasanya ia menggunakan cokelat Belgia tersebut sebanyak 106 kg untuk satu karya. Proses pembuatannya dalam satu karya menghabiskan waktu berhari-hari.

Baca Juga : Unik! Seniman Ini Buat Kostum Raksasa Bertema Makanan

"Butuh waktu 3 hari untuk membuatnya. Caranya cokelat lebih dulu direndam dalam susu," ujar Harinder Kukreja.

Lebih lanjut, Kukreja juga menjelaskan bahwa air susu bekas rendaman cokelat tersebut diberikan untuk anak-anak yang kurang mampu sebagai bentuk amal dan sedekah. Dengan begitu Harinder Kukreja percaya bahwa hal ini bisa menyebarkan pesai perdamaian dan harmoni.
Demi Toleransi, Seniman Muslim di India Ini Bikin Patung Ganesha dari Cokelat Foto: Istimewa

Kisah seniman muslim yang membuat Ganesha dari cokelat ini diharapkan bisa sebagai simbol toleransi di antara umat beragama di India. Agar timbul rasa saling menghargai dan menghormati di antara sesama.

Terlebih saat melihat kasus diskriminasi yang kerap kali terjadi di berbagai negara hanya karena perbedaan suku, ras, agama dan pendapat. Ini lah satu hal yang menjadi tujuan mengapa Harinder Kukreja berinisiatif untuk membuat Ganesha dari cokelat.

Baca Juga : Nasionalis! Chef India Ini Mengukir Potret Pahlawan di Buah Semangka

Simak Video "Resep Ayam Geprak"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)