Disebut Tutorial Jadi Pepes, Ini Manfaat Spa dengan Daun Pisang dan Kunyit

Sonia Basoni - detikFood Senin, 09 Sep 2019 14:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak perawatan untuk kecantikan, yang menggunakan rempah hingga bahan makanan. Seperti spa unik ini, yang menggunakan daun pisang hingga kunyit.

Lewat video yang diunggah oleh Insider (07/09), netizen asal Indonesia dibuat bingung sekaligus tertawa dengan konsep spa kecantikan, yang ditawarkan di salah satu tempat spa di Amerika. Di sana, spa nya menggunakan olesan krim dari kunyit, dan daun pisang sebelum dihangatkan menggunakan alat khusus.

Baca Juga: Red Wine Spa Untuk Kulit Mulus
Disebut Tutorial Jadi Pepes, Ini Manfaat Spa dengan Daun Pisang dan KunyitFoto: Istimewa

"Tutorial jadi pepes," tutur pengguna Twitter @tbputera, saat mengomentari video spa ini. Bukan tanpa alasan mengapa netizen kompak menyebut spa daun pisang ini, sebagai tutorial atau cara menjadi hidangan pepes.

Dalam video tersebut diperlihatkan prosedur melakukan spa di Earthling Day Spa, yang ada di Charleston, Amerika. Ada beberapa tahap. Pertama bagian tubuh diolesi dengan krim yang terbuat dari campuran kunyit, dari leher hingga ke jari kaki. Setelah diolesi dengan krim kunyit, tubuh pengunjung kemudian dibalut atau ditutupi dengan daun pisang yang sebelumnya sudah dihangatkan.

Setelah bagian tubuh dilapisi dengan daun pisang, tubuh kembali dibungkus rapat dan dimasukkan dalam 'steamer' untuk proses penguapan selama 15 menit. Tujuannya untuk membuat tubuh rileks dan membuka pori-pori kulit. Karena caranya yang mirip seperti pembuatan pepes, video ini jadi viral di kalangan netizen Indonesia.
Disebut Tutorial Jadi Pepes, Ini Manfaat Spa dengan Daun Pisang dan KunyitFoto: Istimewa

Ditelusuri lebih lanjut, spa mirip pepes ini merupakan salah satu ritual spa detoks dari Thailand untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, spa ini diklaim dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus meningkatkan metabolisme di tubuh.

Tak hanya itu, sejak dulu kunyit dikenal sebagai krim kulit alami. Kandungan dari dalam kunyit, membantu untuk mengurangi ezcema, dan mengangkat sel kulit mata dari kulit. Turut menghilangkan tanda-tanda penuaan, dan membuat kulit lebih cerah. Di Indonesia sendiri, kunyit jadi salah satu krim alami yang populer untuk spa dan lulur.

Sementara fungsi dari daun pisang ini, merupakan cara natural untuk membuat tubuh lebih hangat, kemudian mengeluarkan racun dari tubuh, dan membuat tubuh lebih relaks. Kandungan allantoindi dalam daun pisang, juga membantu menyembuhkan luka bakar pada kulit, membunuh bakteri, dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
Disebut Tutorial Jadi Pepes, Ini Manfaat Spa dengan Daun Pisang dan KunyitFoto: Istimewa

"Kasih daun kemangi dan sereh, jadi pepes," canda seorang netizen tentang video ini, ada juga yang menyebut bahwa spa ini mirip seperti tutorial jadi lontong.

"Sudah jadi pepes, ditutup pake keranda lagi," gurau netizen lainnya, yang menyinggung alat spanya yang mirip seperti keranda pembawa jenazah. Hingga saat ini video spa pisang ini sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali dan disukali 347 pengguna.

Baca Juga: Di Spa Ini Pengunjung Bisa Berendam dalam Kuah Ramen dan Lelehan Cokelat




Simak Video "Kuy, Bikin Jamu Kunyit Sendiri di Rumah!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com