5 Makanan Unik yang Bisa Anda Beli di Supermarket Korea

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 08 Sep 2019 21:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Supermarket di tiap negara menawarkan barang khas. Di Korea, Anda bisa menemukan gurita hidup hingga kulit babi dalam kemasan.

Jalan-jalan ke suatu negara sebaiknya sempatkan mampir ke pasar tradisional atau supermarket lokal. Di sini Anda bisa melihat berbagai bahan makanan tak biasa yang ternyata dikonsumsi warga setempat.

Di Korea Selatan, warganya ternyata tak segan mengonsumsi hewan unik atau bagian hewan tertentu yang tak terlalu jamak dikonsumsi di negara lain. Spoon University (5/9) merangkum informasinya seperti berikut.

Baca Juga: 9 Snack Ini Bisa Jadi Oleh-oleh Saat Kamu Travelling ke Korea

1. Akar teratai

5 Makanan Unik yang Bisa Anda Beli di Supermarket KoreaFoto: Istimewa

Akar teratai atau lotus root disebut Yeongeun dalam bahasa setempat. Akar teratai dijual segar di supermarket. Merupakan jenis sayuran yang jadi favorit banyak orang. Untuk menikmatinya, akar teratai harus dimasak alias tidak bisa dimakan mentah.

Setelah dimasak, akar teratai menjadi sangat empuk. Rasanya yang sedikit pahit kerap dipadukan dengan kimbap alias sushi khas Korea. Akar teratai juga umum dijadikan tempura. Cara lain mengolahnya adalah dengan dimasak bersama kecap asin, miring (wine beras manis), dan minyak wijen.

2. Bayi gurita blansir

5 Makanan Unik yang Bisa Anda Beli di Supermarket KoreaFoto: Istimewa

Gurita adalah hewan laut yang banyak dikonsumsi di Korea. Selain dalam keadaan mentah atau segar, ada bayi gurita atau baby octopus yang sudah diblansir di supermarket. Baby octopus direbus sebentar lalu dimasukkan dalam rendaman air dingin. Disajikan bersama bumbu dan cocolan.

Baby octopus jadi camilan favorit ketika menikmati minuman alkohol Korea, soju. Konon teksturnya kenyal dengan rasa lembut yang dibumbui jeruk dan saus pedas bernama cho-jang.

3. Gurita hidup

5 Makanan Unik yang Bisa Anda Beli di Supermarket KoreaFoto: Istimewa

Makanan ini kerap disebut ekstrem oleh banyak turis. Warga Korea memang menyukai gurita hidup yang sangat sulit dimakan. Mengonsumsi gurita hidup atau sannakji harus hati-hati karena bisa tersedak.

Selain dijajakan di pasar tradisional, sannakji siap santap juga ada di supermarket. Biasanya sudah dibumbui sedikit garam dan minyak wijen, namun rasa lautnya masih kuat. Teksturnya kenyal dan lembut.

4. Ceker ayam tanpa tulang

5 Makanan Unik yang Bisa Anda Beli di Supermarket KoreaFoto: Istimewa

Di Korea, warganya terbagi dua. Ada yang sangat suka olahan ceker ayam, tapi ada juga yang sangat membencinya. Olahan ini bernama dakbal. Ceker ayam dibumbui saus gurih dan pedas. Dakbal umum disajikan di pochangmacha alias bar tenda bersama soju.

Dakbal tersedia dalam versi ceker ayam utuh atau ceker ayam tanpa tulang. Versi kedua sudah dihilangkan kuku kaki dan tulang-tulangnya sehingga lebih mudah dimakan. Kabarnya tekstur ceker ayam tanpa tulang mirip crawfish alias udang karang.

5. Kulit babi

5 Makanan Unik yang Bisa Anda Beli di Supermarket KoreaFoto: Istimewa

Terakhir ada kulit babi atau dwaeji kkeop degi yang dijual di supermarket. Kabarnya kulit babi mengandung banyak kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Selain itu juga kaya protein dan rendah karbohidrat.

Untuk mengolah kulit babi, bisa dengan cara dipanggang dengan sedikit garam. Semakin dikunyah, maka rasa uniknya semakin keluar. Atau bisa juga dimasak lama bersama kecap asin dan minyak wijen. Mau coba?

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Korea yang Bisa Jadi Camilan Enak Sore Ini

Simak Video "Yuk, Intip Proses Pembuatan Kue Khasma Khas Riau!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com