7 Fakta Unik Pizza Khas Italia yang Perlu Kamu Tahu

Virgina Maulita Putri - detikFood Sabtu, 07 Sep 2019 10:00 WIB
7 Fakta Unik Pizza Khas Italia yang Perlu Kamu Tahu Foto: Istimewa 7 Fakta Unik Pizza Khas Italia yang Perlu Kamu Tahu Foto: Istimewa
Jakarta - Siapa yang tidak suka pizza? Makanan khas Italia ini dikenal dengan adonan roti pipih berbentuk bundar yang dilapisi dengan saus tomat serta beragam topping seperti keju, paprika hingga daging sapi.

Pizza saat ini sudah sangat mendunia sehingga memiliki banyak variasi, termasuk di Indonesia. Selain pilihan variasi yang semakin banyak, ternyata banyak juga fakta unik dibalik kelezatan sepotong pizza.



Berikut tujuh fakta unik tentang pizza yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Asal-usul Nama Pizza

Nama "pizza" rupanya sudah berusia ribuan tahun. Kata tersebut pertama kali disebut dalam teks latin yang ditulis di kota Gaeta, Italia Selatan pada tahun 997.

2. Nama Lapisan Luar Pizza

Kalian suka makan pinggiran pizza yang renyah? Rupanya bagian ini memiliki nama yaitu cornicione yang berarti cornice atau cetakan. Cornicione adalah nama dari dasar adonan pizza yang diatasnya diberi aneka topping.

3. Pizza Terbesar di Dunia

Ada banyak rekor dunia yang melibatkan pizza, termasuk pizza terbesar di dunia. Pizza terbesar di dunia dibuat di Roma, Italia pada Desember 2012. Pizza ini berukuran 1.261 meter persegi dan dibuat menggunakan adonan bebas gluten.

Selain itu, ada juga pizza terpanjang di dunia yang memiliki panjang 1.930,39 meter. Pizza ini dibuat di Fontana, California, AS pada tahun 2017.

4. Pizza Termahal di Dunia

Kalian biasa membayar berapa untuk satu loyang pizza? Tertarik membeli pizza termahal di dunia? Bisa saja, asal siapkan kocek sebesar USD 12.000 atau sekitar Rp 169 juta.

Pizza kelas sultan ini diberi nama Louis XIII dan dibuat oleh chef pizza asal Italia, Renato Viola. Pizza ini memiliki diameter 20 cm dan disajikan untuk dua orang. Uniknya, pizza ini akan disiapkan dan dibuat oleh Viola di rumah kalian.

Yang istimewa dari pizza ini tentu saja bahannya. Adonannya dibuat dari tepung Arab organik, dibumbui dengan garam pink dari Sungai Murray dan proses pembuatannya memakan waktu 72 jam.

Toppingnya pun sangat mewah dengan tiga jenis kaviar, lobster Norwegia dan tujuh jenis keju. Pizza ini juga disajikan dengan minuman beralkohol mewah khusus yang cocok dengan citarasa toppingnya.



5. Pernah Dikirim ke Luar Angkasa

Pada tahun 2001, Pizza Hut pernah mengirim pizza salami berukuran enam inci ke International Space Station (ISS). Ini merupakan pizza pertama yang dikirim ke luar angkasa.

6. Jadi Sarana Mata-mata

Fakta unik tentang pizza lainnya adalah pizza pernah menjadi sarana untuk memata-matai orang. Pada akhir tahun 1960-an, US Army pernah memata-matai jurnalis dan politisi menggunakan pengirim pizza palsu.

7. Diperingati dengan Bulan Khusus

Saking melekatnya pizza dengan budaya Amerika Serikat, di negara tersebut setiap bulan Oktober diperingati sebagai National Pizza Month. Peringatan ini pertama kali digagas oleh Gerry Durnell pada Oktober 1984.

Simak Video "Pizza Bebek Anti Mainstream di Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)