Duh, Pemilik Resto Ini Tertangkap Cuci Alat Dapur di Danau!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 07 Sep 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kebersihan adalah aspek penting dalam operasional restoran. Tak heran sat pemilik restoran melakukan praktek tidak higienis langsung jadi sorotan.

Adalah restoran No.1 Chinese Restaurant di Old Hickory, Tennessee, Amerika Serikat yang kedapatan melakukan praktek tidak higienis. Seorang pengunjung sempat merekam video ketika pemilik restoran tersebut mencuci alat dapur di danau.

Nampak seorang pria asyik mencuci rak makanan dan rak piring sambil jongkok di pinggir danau. Ia juga ditemani seorang wanita yang seperti membantu pekerjaan tersebut.

Duh, Pemilik Resto Ini Tertangkap Cuci Alat Dapur di Danau!Foto: Istimewa

Perekam video, Lance Glover dan pacarnya mengaku kaget ketika melihat kejadian tersebut. Ia lalu berinisiatif merekam semuanya dengan ponsel. "Itu menjijikkan. Meski panas mematikan bakteri, tetap saja itu tidak sehat bahkan untuk ikan di air," kata Glover seperti dikutip dari Fox 17 Nashville (5/9).

Baca Juga: Hati-hati! 10 Alat Dapur Ini Paling Rentan Jadi Sarang Bakteri

Glover mengunggah video ini ke Facebook hingga menjadi viral. Banyak netizen memberi komentar negatif. Salah satunya Nancy Johnson yang pernah mencicip sajian restoran China tersebut. "Makanan mereka enak, tapi sekarang tidak mungkin saya mau ke sana lagi," kata Johnson.

Duh, Pemilik Resto Ini Tertangkap Cuci Alat Dapur di Danau!Foto: Istimewa

Seseorang lalu melaporkan No.1 Chinese Restaurant ke departemen kesehatan setempat untuk dilakukan inspeksi. Investigator mengatakan, restoran sebenarnya punya keran air panas dan air dingin yang menjadi persyaratan.

Hanya saja pemilik restoran mengaku cuci alat dapur di danau karena alasan budaya. Ia juga mengatakan hanya mencuci rak di danau dan membawanya masuk untuk kebutuhan pribadi.

Baca Juga: 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan Dapur

Duh, Pemilik Resto Ini Tertangkap Cuci Alat Dapur di Danau!Foto: Istimewa

Tapi setelah ditanyai lebih lanjut, mereka mengaku bahwa alat itu juga dipakai di dapur restoran. Salah satunya adalah peniris makanan, tapi katanya makanan tidak bersinggungan langsung dengan alat ini karena hanya ditaruh di dekat wajan besar untuk masak. Faktanya, peniris makanan ternyata juga sangat dekat dengan mangkuk brokoli.

Anak pemilik restoran, Michelle Pan, membela kedua orang tuanya. Katanya ini adalah kali pertama mereka mencuci alat dapur di danau. Alat dapur tersebut juga ditekankan tidak menyentuh makanan.

Pan mengaku mereka telah mencuci alat dapur di danau beberapa kali, tapi tidak pernah ada pengunjung yang sakit. Namun sisi lain, departemen kesehatan tetap menutup sementara restoran ini.



Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)