Liburan Ke Samosir, Muslim Tetap Bisa Makan Enak dan Halal di 5 Tempat Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 05 Sep 2019 18:18 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Baru-baru ini ramai cuitan soal susahnya mencari makanan halal di kawasan Toba-Samosir. Meski bukan kawasan wisata halal, banyak juga tempat makan halal.

Cuitan Tengku Zulkarnain lewat akun twitternya @ustadtengku soal wisata Danau Toba menuai kontroversi. Pria ini mengatakan di Toba-Samosir tidak menyediakan fasilitas halal sehingga ia mengajak muslim untuk berhenti mengunjungi kawasan wisata ini.

Padahal di Toba-Samosir ada banyak fasilitas untuk umat muslim mulai tempat ibadah hingga tempat makan halal. Berikut beberapa tempat makan halal yang bisa disambangi saat berwisata ke kawasan Danau Toba.

1. Istana Minang
Liburan Ke Samosir, Muslim Tetap Bisa Makan Enak dan Halal di 5 Tempat Ini Foto: istimewa

Tercatat ada lebih dari 20 rumah makan muslim di kawasan Toba-Samosir, salah satu yang terkenal yakni Istana Minang. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menawarkan aneka masakan Minang komplit.

Ada gulai nangka, terung balado, kentang balado, ikan talapia, ayam goreng dan pucuk ubi rebus. Di sini juga menyediakan ikan kecil yang digoreng garing dan biasa dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong. Rumah makan juga dilengkapi dengan mushola yang bersih dan nyaman.

Baca juga : Andaliman, Rempah Mungil Kebanggaan Masyarakat Batak

2. Rumah Makan Muslim Mami Tempo
Liburan Ke Samosir, Muslim Tetap Bisa Makan Enak dan Halal di 5 Tempat Ini Foto: istimewa

Rumah makan lain yang juga menawarkan sajian halal adalah di warung Mami Tempo. Dari namanya saja sudah menjadi jaminan kalau tempat ini hanya menyajikan makanan halal yang pastinya aman dinikmati muslim.

Lokasinya ada di daerah Tuk Tuk Siadong, Samosir. Di sini ada berbagai menu andalan mulai dari ayam penyet, nasi soto, gado-gado hingga sate. Semua menu makanan disiapkan secara dadakan ketika ada yang memesan jadi semua dijamin segar dan hangat.

Selain jaminan halal, rumah makan ini juga dikenal memiliki rasa yang enak dan harga murah meriah.

3. Rumah Makan Islam Murni Parapat
Liburan Ke Samosir, Muslim Tetap Bisa Makan Enak dan Halal di 5 Tempat Ini Foto: istimewa

Di Parapat ada RM Islam Murni yang terbilang legendaris. Rumah makan sederhana ini menyajikan makanan halal sejak 37 tahun lalu. Hingga kini rumah makan ini masih tetap jadi tujuan wisatawan muslim yang datang ke Toba-Samosir.

Menu andalannya cukup banyak, antara lain ada ayam goreng, tempe goreng, ikan asin, pecel hingga sayur gulai. Tempat ini juga buka dari pagi hingga malam. Sebagai hidangan sarapan, di sini ada lontong sayur, nasi gurih dan soto.

4. Elios Restaurant
Liburan Ke Samosir, Muslim Tetap Bisa Makan Enak dan Halal di 5 Tempat Ini Foto: istimewa

Restoran yang satu ini berlokasi di Samosir. Menu andalannya adalah olahan ikan yang dimasak dengan bumbu khas ala masyarakat Toba-Samosir. Anda bisa memesan ikan bakar dengan ubi tumbuk dan sambal tuk-tuk.

Ikan nila yang ditangkap langsung dari danau Toba membuat olahan ini segar dan enak. Ikan semakin lezat dengan tambahan sambal tuk tuk yang diracik dari bawang merah, merica batak atau andaliman dan sedikit kemiri. Rasanya pedas menggigit dan bikin lidah merasakan sensasi kebas.

5. Budha Resto
Liburan Ke Samosir, Muslim Tetap Bisa Makan Enak dan Halal di 5 Tempat Ini Foto: istimewa

Dari namanya memang jelas ini bukan restoran muslim tapi bisa juga jadi pilihan karena dijamin tak menggunakan campuran produk hewani. Budha resto yang berlokasi di Ambarita ini menawarkan hidangan vegetarian.

Aneka sayur, umbi dan buah diolah menjadi makanan lezat. Menu yang jadi andalan yakni es krim vegetarian yang tak boleh dilewatkan. Tapi pengunjung harus sabar ketika berkunjung ke resto ini karena makanan diolah secara segar jadi agak memakan waktu.

Baca juga : Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon

Simak Video "Makanan Rempah Khas Restoran dengan Arsitektur Etnik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)