Oles Krim atau Selai Dulu? Ini Cara Orang Inggris Makan Scone

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 04 Sep 2019 08:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Cara menikmati scone sudah lama jadi perdebatan. Ada yang bilang mengoles krim dulu, tapi ada yang menyebut selai dulu. Mana yang benar?

Meski afternoon tea sudah jadi tradisi orang Inggris sejak berabad-abad silam, namun soal cara makan scone tetap jadi perdebatan. Sejak abad ke-11, cream tea telah menjadi salah satu tradisi terbesar orang Inggris. Cream tea adalah bentuk hidangan ringan afternoon tea yang terdiri dari teh yang dipadukan dengan scone, clotted cream, dan selai. Juga beragam sandwich.

Untuk afternoon tea, scone biasanya disajikan setelah sandwich. Bisa dinikmati polos atau diberi olesan agar makin enak. Seperti mentega, krim, atau selai buah yang asam segar. Namun yang jadi perdebatan, oleskan krim atau selai dulu pada scone?
Oles Krim atau Selai Dulu? Ini Cara Orang Inggris Makan SconeFoto: Istimewa

Daily Mail (28/8) melaporkan salah satu survei di Inggris telah menemukan bahwa kebanyakan orang Inggris menyantap scone ketika afternoon tea, dengan mengoleskan selai terlebih dahulu sebelum krim pada scone.

Survei ini dilakukan pada 2.000 warga Inggris untuk menentukan kebiasaan mereka dalam menyantap scone. Survei mengungkap, ada 52 persen orang Inggris yang mengolesi selai terlebih dahulu sebelum krim. Kemudian hanya 25 persen orang Inggris yang mengolesi krim terlebih dahulu sebelum selai. Sementara 19 persennya beberapa orang yang tidak peduli dengan cara apapun yang mereka lakukan.
Oles Krim atau Selai Dulu? Ini Cara Orang Inggris Makan SconeFoto: Istimewa

Candice Brown, Duta Besar Village Hotel Club Food & Drink, mengatakan, "Ini mungkin salah satu perdebatan Inggris yang paling lama. Namun meskipun penelitian ini telah menunjukkan bahwa sebagian besar orang akan mengolesi selai terlebih dahulu sebelum krim pada scone, namun menurut saya lebih baik oleskan krim terlebih dahulu sebelum selai."

Bukan hanya itu, di Istana Buckingham Ratu Elizabeth juga lebih suka menaruh krim lebih dulu baru kemudian dioleskan selai. Hal ini tentunya akan memicu perdebatan, namun tentu saja semua kembali pada pilihan masing-masing.

Baca Juga: Kalau ke London Jangan Lupa Nikmati Afternoon Tea di 10 Tempat Ini

Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)