Mau Ngopi Cappuccino Pagi Ini? Kenali Dulu Ciri Cappuccino yang Enak

ADVERTISEMENT

Mau Ngopi Cappuccino Pagi Ini? Kenali Dulu Ciri Cappuccino yang Enak

Devi Setya - detikFood
Jumat, 30 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Secangkir cappuccino hangat kerap jadi pilihan kopi nikmat di pagi hari. Tapi tahukah Anda bagaimana ciri cappuccino yang enak dan nikmat?

Paduan kopi dan susu dalam segelas cappuccino memang pas dinikmati hangat. Rasa dan aroma kopi nikmat berpadu dengan lembut gurih susu yang kental. Jangan hanya doyan, kenali juga ciri cappuccino yang nikmat.

1. Komposisi cappuccino
Mau Ngopi Cappuccino Pagi Ini? Kenali Dulu Ciri Cappuccino yang EnakFoto: Istimewa

Bahan dasar untuk membuat cappuccino memang hanya kopi dan susu. Dari secangkir cappuccino, Anda harus meraciknya dengan takaran 1/3 espresso, 1/3 susu hangat dan 1/3 busa susu.

Bubuk kopi yang sudah diseduh jadi espresso kemudian dicampur dengan susu hangat secara perlahan. Terakhir, milk foam atau busa susu dituangkan terakhir. Secara umum, cappuccino memiliki tekstur creamy dengan rasa kopi yang cukup kuat.

Baca juga : Begini Cara Untuk Hasilkan Rasa dan Aroma Cappuccino yang Maksimal

2. Aroma dan rasa kopi yang kuat
Untuk menilai cappuccino yang enak, Anda harus memastikan biji kopi yang digunakan masih segar. Kopi segar akan menghasilkan seduhan yang nikmat karena rasa dan aroma kopi akan keluar maksimal.

Cappuccino enak pastinya diolah dari kopi yang baru digiling saat akan diseduh. Mark Corey dari National Coffee Association mengatakan biji kopi harus baru digiling saat akan membuat espresso, inilah yang menentukan kualitas kopi yang disajikan.

3. Rasanya seimbang
Mau Ngopi Cappuccino Pagi Ini? Kenali Dulu Ciri Cappuccino yang EnakFoto: iStock

Secara umum, secangkir cappuccino dibuat dengan dua bahan yakni kopi dan susu. Dua bahan ini tidak boleh saling mendominasi rasa, artinya antara rasa susu dan rasa kopi harus seimbang.

Dalam secangkir cappuccino harus tercium aroma kopi, terasa semburat khas kopi namun juga lidah dibelai lembutnya susu. Setiap orang memiliki selera cappuccino yang berbeda namun cappuccino sebaiknya tidak dibuat terlalu manis.

4. Mengandung susu yang lembut
Barista harus meracik cappuccino dari susu dingin yang dihangatkan. Susu harus baru keluar dari lemari pendingin kemudian langsung dihangatkan dengan alat steamed. Cara ini membuat susu memiliki konsistensi yang lembut dan creamy.

Ketika proses steamed, susu tidak boleh dibuat terlalu berbusa. Demikian juga saat dicampur dengan espresso, buih susu harus tampak lembut. Proses ini membuat susu terasa membelai lidah, apalagi proses steamed juga membuat susu jadi lebih manis.

5. Disajikan hangat
Mau Ngopi Cappuccino Pagi Ini? Kenali Dulu Ciri Cappuccino yang EnakFoto: iStock

Meskipun banyak orang suka menikmati cappuccino dingin tapi aslinya kopi Italia ini lebih nikmat disajikan hangat. Tendangan espresso pada cappuccino hangat bisa membangkitkan mood serta membuat semangat, makanya banyak orang memasukkan cappuccino sebagai menu sarapan.

Baca juga : Tanpa Mesin Kopi Anda Juga Bisa Bikin Cappuccino, Begini Caranya



Simak Video "Bikin Laper: Mie Ayam Bejo Super Endul"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT