Dengan 3 Bahan Ini Bisa Bikin Omelet Spanyol Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 26 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: Dok. Happy Foods Tube Foto: Dok. Happy Foods Tube
Jakarta - Bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja buat sarapan? Cobalah racik omelet Spanyol yang praktis, padat isinya dan gurih enak rasanya.

Omelet Spanyol atau Spanish Omelette merupakan olehan telur khas Spanyol. Di sana omelet ini disebut sebagai Tortilla de patatas atau Tortilla espanola. Biasa dinikmati sebagai tapas, atau makanan selingan juga enak disantap sebagai menu sarapan.

Sesuai dengan namanya omelet Spanyol ini memakai tambahan kentang sebagai isiannya. Kentang yang empuk juga menjadi sumber karbohidrat yang jadi santapan lengkap gizi saat ditambah dengan telur ayam.

Variasi omelet ini sangat beragam, ada yang menambahkan cincangan paprika, sosis, daging asap, jamur dan juga keju parut. Tentu saja sesuai selera dan bahan yang tersedia di dapur.

Untuk membuat omelet Spanyol yang standar, cukup diperlukan 3 bahan saja. Kentang, telur dan bawang bombay. Berikut ini langkah mudah membuatnya.


Dengan 3 Bahan Ini Bisa Bikin Omelet Spanyol Buat SarapanFoto: Dok. Happy Foods Tube


1. Kentang

Untuk 1 buah omelet, siapkan 1 buah kentang ukuran sedang. Kupas kentang lalu iris tipis dan kecil agar kentang lebih cepat lunak saat direbus atau digoreng. Setelah dipotong kecil bisa Anda rebus dengan air secukupnya hingga empuk lalu tiriskan. Atau goreng dalam minyak secukupnya hingga lunak dan tiriskan minyaknya.

2. Bawang bombay

Iris melintang tipis 1/2 butir bawang bombay. Atau cincang kasar. Jika kentang digoreng, goreng irisan bawang bombay bersama kentang hingga layu lalu tiriskan.

Dengan 3 Bahan Ini Bisa Bikin Omelet Spanyol Buat SarapanFoto: GettyImages


3. Telur

Selanjutnya, kocok 3 buah telur ayam bersama 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam hingga larut dan berbuih. Masukkan kentang dan bawang bombay yang sudah lunak dan layu. Aduk hingga rata. Dalam tahap ini bisa ditambahkan bahan lain sesuai selera. Seperti irisan jamur atau cincangan paprika atau sosis yang diiris tipis.

Dengan 3 Bahan Ini Bisa Bikin Omelet Spanyol Buat SarapanFoto: Dok. Happy Foods Tube


4. Bikin omelet

Panaskan 4 sdm minyak dalam wajan dadar 20 cm. Tuangkan adonan telur dan kentang. Kecilkan api, tutup wajan. Masak hingga bagian pinggirnya kecokelatan dan agak kering. Balikkan omelet dan masak kembali hingga seluruh bagian kecokelatan dan agak kering.

Jika mau lebih cepat, panggang omelet dalam oven panas selama 5-8 menit hingga permukaannya kering. Sajikan hangat dengan saus sambal sesuai selera.

Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)