Timlo dan Bubur Gudeg, 4 Kuliner Solo Jagoan Jokowi di #JKWKULINER

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 25 Agu 2019 13:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Solo - Seri #JKWKULINER memasuki episode 2. Kali ini ada 4 kuliner jagoan Presiden Jokowi di Solo. Mulai dari sate kambing hingga bubur gudeg. Apa istimewanya?

Lewat #JKWKULINER, Joko Widodo (Jokowi) merekomendasikan sejumlah kuliner khas Solo yang wajib dicoba. Semua kuliner ini menjadi favorit Jokowi dan kerap dicicip kala ia kembali ke kampung halamannya.

Sebelumnya ayah tiga anak ini sudah mengupas tuntas soal Ayam Goreng Mbah Karto, Soto Gading, dan Soto Triwindu. Kini ia kembali memperkenalkan 4 kuliner favoritnya lewat video berdurasi 11 menit yang diunggah kemarin (24/8).

Baca Juga: Jokowi Bikin #JKWKULINER, Tampilkan 3 Juara Makanan Tradisional Solo

Timlo dan Bubur Gudeg, 4 Kuliner Solo Jagoan Jokowi di #JKWKULINERFoto: YouTube Presiden Joko Widodo


"Itu Bapak ya suka-suka aja, mau pingin makan apa ya sudah, langsung makan nggak ada rencana apa pun," ujar Haryanto selaku kerabat Jokowi di awal video. Hal ini menandakan Jokowi kerap spontan dalam memilih mau makan apa saat di kota asalnya. Inilah 4 kuliner jagoan Presiden Jokowi yang kerap dinikmati saat pulang ke Solo.

1. Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Rumah makan yang berlokasi di Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo ini merupakan tempat favorit Jokowi saat ingin makan sate kambing. "Yang dijual di sini sate kambing, sate buntel, tongseng tengkleng, tongseng biasa, sama gulai," jelas Hj. Bejo sekali pemilik warung makan. Ia mengaku tak ada beda bumbu istimewa pada satenya.

"Bumbunya bawang-bawang itu biasa, tapi kalau teorinya lain daripada yang lain," katanya. Hj. Bejo melanjutkan, "Kalau datang Bapak Presiden itu ya, "sehat, Mbah?", gitu." Menurutnya Jokowi adalah sosok yang baik dan ramah pada rakyat kecil.

Timlo dan Bubur Gudeg, 4 Kuliner Solo Jagoan Jokowi di #JKWKULINERFoto: Instagram @jerry_lontoh


2. RM Adem Ayem

Jokowi juga menyarankan mampir ke RM Adem Ayem berlokasi di Jl. Slamert Riyadi, Solo yang sudah ada sejak 1969. "Yang saya utamakan nasi gudeg Adem Ayem. Selain itu ada ayam goreng, timlo, rawon, soto. Nasi gudeg istimewa itu nasi lauknya gudeg, sambal goreng, ayam opor, dan telur opor," kata pemilik RM Adem Ayem, Emmy Lies Rosmijati.

Emmy mengatakan menu favorit Jokowi adalah nasi gudeg, timlo, dan bakmi goreng. "Bapak itu orangnya sederhana, merakyat, dan semoga Indonesia tambah maju," ucap Emmy mengenai sosok suami Iriana ini.

Timlo dan Bubur Gudeg, 4 Kuliner Solo Jagoan Jokowi di #JKWKULINERFoto: Istimewa


3. Timlo Maestro

Ketika ingin makan malam hari, Jokowi kerap memilih Timlo Maestro yang ada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Keprabon, Solo. Pemilik warung makan, Yunanto Adhi Prasetyo menjelaskan timlo adalah sejenis sup ayam. "Dalemnya kita modifikasi. Isiannya ada telur kecap, bebek kecap, sosisnya dari tepung terigu, sama ampela ati ayam," jelasnya.

Ia juga masih meracik sendiri bumbu utama timlo dengan resep peninggalan sang bapak. "Menu kesukaan Pak Jokowi telur sama sosis. Beliau jarang pakai ampela ati. Kalau ada acara di rumah, kita dipanggil," lanjut Yunanto.

Timlo dan Bubur Gudeg, 4 Kuliner Solo Jagoan Jokowi di #JKWKULINERFoto: Instagram


4. Gudeg Mbak Yus

Terakhir, ada Gudeg Mbak Yus yang baru buka malam hari. Pemiliknya, Yustina mengatakan menu andalan di sini adalah gudeg ceker. Selain nasi, gudeg juga bisa diracik bersama bubur. Untuk jenis cekernya bisa pilih pedas atau manis.

"Yang unik, tahu saya goreng tipis seperti karak, dimasukkin ke opor. Saya jualan biasanya 3 jam, mulai dari jam 11 malam," kata wanita ini. Kata Yustina, Jokowi tak pernah minta macam-macam. Menu favoritnya adalah bubur gudeg.

Yustina juga sempat menitip pesan untuk Jokowi dengan nada haru. "Pak Jokowi sebagai presiden di tahun-tahun ke depan, semoga semakin tabah. Iman tetep kuat, tetep memikirkan rakyat kecil. Jadi aku nangis," ucapnya sambil mengelap air mata.

Baca Juga: Ini Gudeg Mbak Yus dan Markobar yang Akan Dinikmati Tamu Pernikahan Kahiyang

Timlo dan Bubur Gudeg, 4 Kuliner Solo Jagoan Jokowi di #JKWKULINERFoto: dok. detikFood


Video #JKWKULINER episode dua ditutup dengan pesan tertulis dari Jokowi. "Jangan pernah ke Solo dan tidak mencobai makanan di warung dan restoran di seantero kota ini. Dari sate sampai soto, pake lontong atau nasi. Semuanya enak. Nggak ada yang nggak enak," tutupnya.

Hingga berita ini ditulis, video ini sudah disaksikan lebih dari 147.000 kali. Banyak netizen memuji kelezatan kuliner Solo sekaligus tata cara pengambilan video yang dinilai berkualitas.

(odi/odi)