Cocok Buat Diet, Peneliti Berhasil Bikin Mentega yang Mengandung 80% Air

Devi Setya - detikFood Minggu, 25 Agu 2019 15:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Kini para pelaku diet tak perlu lagi takut menyantap mentega. Para peneliti berhasil menemukan formula untuk membuat mentega yang terbuat dari air.

Mentega biasa jadi bahan tambahan untuk membuat rasa makanan lebih enak. Tapi kandungan lemak yang tinggi membuat orang berpikir dua kali untuk menyantap mentega, terutama para pelaku diet.

Dilansir dari Gizmodo (25/8) mentega 'canggih' ini adalah temuan para peneliti dari Cornell University. Para ilmuwan makanan ini mengklaim mentega ini jauh lebih sehat karena 80 persen kandungannya merupakan air.
Cocok Buat Diet, Peneliti Berhasil Bikin Mentega yang Mengandung 80% AirFoto: istimewa

Baca juga : Mentega Lebih Menyehatkan daripada Margarin?

Lewat sebuah jurnal American Chemical Society's Applied Materials and Interfaces tertulis emulsifier ini dikembangkan dengan menggabungkan minyak nabati dan lemak susu dalam jumlah sedikit. Kemudian racikan ini dicampurkan dan diolah dengan air dalam jumlah banyak.

Mentega terbaru ini membutuhkan tambahan bahan pengental untuk membuat konsistensinya mirip mentega asli. Para peneliti memilih menambahkan lilin lebah yang dianggapnya punya tekstur paling baik.

Dalam satu sendok makan mentega mengandung 84 persen lemak dan 16 persen air. Setidaknya 11 gram mentega biasa menyumbang 100 kalori jika disantap. Tapi mentega hasil penelitian ini menunjukkan angka yang mencengangkan.
Cocok Buat Diet, Peneliti Berhasil Bikin Mentega yang Mengandung 80% AirFoto: istimewa

Baca juga : 3 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Mentega yang Lebih Sehat

Dalam satu sendok makan mentega terbaru ini mengandung 80 persen air; 2,8 gram lemak dan 25,2 kalori. Menurut para ilmuwan, mentega terbaru ini juga memungkinkan ditambah berbagai nutrisi mulai dari vitamin, susu atau protein nabati.

Mentega terbaru ini digadang-gadang akan jadi makanan aternatif yang bisa diterima publik. Adanya mentega ini menambah deretan makanan yang diolah dengan mengandalkan teknologi tinggi seperti daging burger nabati.

Simak Video "Nyam! Habis Mendaki Semeru Langsung Sikat Durian Menteganya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)