5 Rekor Dunia Sarapan, Makan Tercepat hingga Sarapan Gratis Terbanyak

Devi Setya - detikFood Jumat, 23 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Rekor makan sarapan tercepat ternyata pernah tercatat dalam buku rekor dunia. Ada juga sederet rekor sarapan lain yang tak kalah menarik.

Para ahli banyak membahas betapa pentingnya menyantap sarapan. Namun sumber energi di pagi hari ini harus diasup sesuai porsinya. Lain lagi bagi para penggila makan yang menjadikan sarapan sebagai ajang memecahkan rekor dunia.

Para penggila makan sudah lama melirik menu sarapan sebagai objek untuk memecahkan rekor dunia. Pada tahun 2011, pria asal Amerika berhasil memecahkan rekor makan sarapan sereal tercepat di dunia. Lantas ada rekor apa lagi?

1. Rekor membagikan sarapan gratis terbanyak
5 Rekor Dunia Sarapan, Makan Tercepat hingga Sarapan Gratis Terbanyak Foto: Istock

Pada Februari 2009 jaringan restoran Denny di Amerika mencatat rekor baru. Restoran ini menyajikan ribuan menu sarapan yang dibagikan gratis. Menu sarapan yang dibagikan yakni dua butir telur, dua pancake, dua sosis dan daging asap.

Menu sarapan gratis ini dibagikan mulai pukul 06.00-14.00 waktu setempat. Rekor dunia ini tercatat setelah resto ini membagikan lebih dari 1,7 juta menu sarapan secara gratis. Tidak ada syarat apapun yang ditentukan untuk bisa mendapatkan paket sarapan ini, cukup mengantre di tempat dan waktu yang sudah ditentukan.

2. Rekor makan sereal tercepat
5 Rekor Dunia Sarapan, Makan Tercepat hingga Sarapan Gratis Terbanyak Foto: istimewa

Josh Graber berhasil menyabet gelar rekor makan sereal tercepat setelah menghabiskan semangkuk sereal dalam waktu super cepat. Ia berhasil menghabiskan semangkuk sereal hanya dalam waktu 19,47 detik saja.

Rekor dunia ini tercatat pada 23 Maret 2011. Usai rekor ini terpecahkan, banyak orang yang mencoba melakukan hal serupa. Namun pemerintah melarang masyarakat mencoba hal ini dengan alasan keselamatan. Makan dengan gerakan cepat ini dikhawatirkan akan membuat orang tersedak sehingga membahayakan nyawa.

3. Sarapan tercepat dan terbanyak
Pria bernama Adam Moran ini berhasil makan 65 jenis menu sarapan hanya dalam waktu 12 menit. Rekor makan tercepat dan terbanyak ini digelar di Stepherd's Place Farm di Nottinghamshire pada Juni 2019.

65 item menu sarapan yang disantap Adam ini terdiri dari roti, bacon, sosis dan telur. Menu sarapan ini juga dilengkapi dengan kacang panggang. Meski sedikit kewalahan, Adam nyatanya berhasil menyantap sarapan dengan jumlah 4.000 kalori ini dengan super cepat.

4. Rekor sarapan sehat sebelum jam 9
5 Rekor Dunia Sarapan, Makan Tercepat hingga Sarapan Gratis Terbanyak Foto: istimewa

Rekor yang satu ini berlangsung di Indonesia. Gerakan sarapan sehat sebelum jam 9 ini dilakukan di 5 kota besar di Indonesia yakni di Jakarta, Yogyakarta, Jember, Lampung dan Medan.

Rekor yang digagas Energen-Mayora Nutrition ini melibatkan 35.000 orang yang menikmati sarapan sereal pagi hari sebelum pukul 09.00. Rekor ini berhasil memecahkan rekor MURI di tahun 2016.

5. Rekor sarapan di tempat tidur
5 Rekor Dunia Sarapan, Makan Tercepat hingga Sarapan Gratis Terbanyak Foto: istimewa

Maret 2019 sebuah rekor unik baru saja terpecahkan di Afrika Selatan. Sebuah produsen minuman kemasan dibawah lisensi Coca-Cola Company menggerakkan ribuan orang untuk menikmati sarapan di atas tempat tidur.

Ada 574 tempat tidur yang dijadikan tempat orang-orang menikmati sarapan. Acara ini digelar bertepatan dengan momen peluncuran produk minuman kemasan Cappy sekaligus menjadi momen berkumpulnya keluarga. Setelah acara ini selesai, ratusan tempat tidur ini disumbangkan ke badan amal setempat.

6. Sarapan sereal terbanyak di dunia
5 Rekor Dunia Sarapan, Makan Tercepat hingga Sarapan Gratis Terbanyak Foto: iStock

Sarapan sereal yang melibatkan 1.852 orang ini dilakukan di Lebanon. Penyelenggaranya adalah Daher International Food Company yang dikenal sebagai salah satu produsen sereal ternama.

Rekor yang tercatat pada Oktober 2016 juga sekaligus dilakukan sebagai gerakan amal. Orang-orang dari berbagai kalangan berkumpul di kota untuk menikmati seral bersama. Kegiatan ini juga dijadikan ajang penggalangan dana untuk disumbangkan ke badan amal setempat.



Simak Video "Puas Ngemil Martabak Flamboyan dengan Isian Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com