Bebas Gerah! Warga China Makan Hotpot dalam 'Gua Es' Super Dingin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Agu 2019 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menikmati hotpot saat musim panas kini bukan masalah lagi. Seperti warga Chongqing, China yang makan hotpot dalam 'gua es'.

Restoran hotpot di Chongqing ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Konsepnya seperti berada di gua es karena ruangan diberi pendingin hingga suhunya di bawah 0 derajat celsius.

Nampak juga beberapa ukiran es batu bentuk bangunan ikonik di ruangan. Sehingga suasana layaknya di gua es pun makin terasa. Tak hanya itu, pengunjung yang bersantap juga mengenakan jaket musim dingin.

Mereka lalu berkumpul di tiap meja dengan panci hotpot berada di tengah. Pelengkapnya disusun di sekeliling panci. Dilihat dari video South China Morning Post (22/8), secara bergantian pengunjung mencelupkan lembaran daging mentah ke dalam kaldu panas berwarna merah.

Bebas Gerah! Warga China Makan Hotpot dalam 'Gua Es' Super DinginFoto: Istimewa

Bukan tanpa sebab restoran hotpot di Chongqing ini mengambil konsep gua es. Pasalnya China tengah dilanda musim panas hingga suhunya mencapai 40 derajat celsius.

Pihak restoran pun ingin membuat warga China tetap menikmati makanan favoritnya meski sedang sangat panas. Seperti diketahui, hotpot merupakan hidangan berkuah panas yang lebih cocok untuk musim dingin.

Sayangnya kemunculan resto hotpot berkonsep gua es ini juga mendapat tanggapan negatif. Banyak netizen menilai kehadirannya membuang banyak energi di tengah isu pemanasan global yang santer.

Baca Juga: Wouw, Hotel Ini Bikin Pemandian Hot Pot Berisi Ragam Sayuran!

Bebas Gerah! Warga China Makan Hotpot dalam 'Gua Es' Super DinginFoto: Istimewa

Hotpot asal Chongqing sendiri dikenal bercita rasa kuat. China Daily (22/8) menjelaskan hotpot di sini berbeda dengan hotpot di wilayah China lainnya. Kuah hotpot yang merah disebabkan penggunaan banyak cabai dan lada Sichuan.

Tak sekadar pedas, lada Sichuan menyebabkan sensasi kebas di lidah. Hal inilah yang menjadi keunikan hotpot khas Chongqing.

Selain itu, lembaran daging yang digunakan pada hotpot Chongqing juga unik. Ada banyak jenisnya namun yang wajib dipesan adalah perut sapi, usus bebek, dan arteri babi atau sapi besar.

Bebas Gerah! Warga China Makan Hotpot dalam 'Gua Es' Super DinginFoto: Istimewa

Sebelumnya Chongqing juga membuat heboh warga China karena memiliki tempat pemandian air panas persis panci hotpot. Lokasi tepatnya ada di Shapingba yang terkenal dengan tempat pemandian air panas dan hotpot kuah merah.

Diameter tempat pemandian sangat lebar hingga mencapai 7 meter. Tempat pemandian ini lalu diberi sekat layaknya panci hotpot. Agar makin mirip hotpot sungguhan, di dalam 'panci' jumbo itu diberi aneka mainan plastik bentuk sayuran. Seru!

Baca Juga: Wah, Pemandian Air Panas Ini Persis Panci Hot Pot Berkuah Merah!



Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com