Kreatif! Di Jepang, Boba Dipadukan dengan Chazuke yang Klasik

Devi Setya - detikFood Kamis, 22 Agu 2019 13:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Di Jepang ada makanan tradisional klasik bernama ochazuke. Mengikuti perkembangan zaman, makanan ini pun disajikan dengan boba.

Chazuke kerupakan hidangan gurih yang terbuat dari teh hijau atau kaldu dashi, kemudian dinikmati dengan nasi putih dan berbagai bumbu. Hidangan ini bisa disantap hangat maupun dingin.

Dilansir dari Japan Today (22/8) chazuke kini banyak disajikan dengan tambahan boba. Di Prefektur Shizuoka ada menu tapioca chazuke yang hadir dengan boba kekinian. Menu baru ini ada di Museum Teh Maruobara yang memang punya banyak menu spesial teh.
Kreatif! Di Jepang, Boba Dipadukan dengan Chazuke yang KlasikFoto: istimewa

Baca juga : Sluuurp! Kini Ada 'Tapioca Beer', Bir Disajikan dengan Paduan Boba

Jika biasanya chazuke disandingkan dengan nasi maka kali ini pendampingnya adalah butiran boba kenyal. Boba tapioka pada hidangan ini sengaja dibuat dengan warna putih, tampilannya unik dan terlihat berbeda dengan boba pada milk tea yang umumnya berwarna hitam.

Boba ini kemudian diguyur sirup matcha yang rasanya sedikit manis. Komposisi sirup matchanya juga dibuat spesial dari daun teh hijau yang dipanen di Distrik Osono, Okabemachi. Kawasan ini memang dikenal sebagai daerah penghasil teh berkualitas di Jepang.

Selain chazuke dengan boba, di sini juga ada hidangan penutup lainnya yakni Nanaya. Seporsi olahan susu kedelai ini hadir dengan es krim matcha yang lembut dan manis.
Kreatif! Di Jepang, Boba Dipadukan dengan Chazuke yang KlasikFoto: istimewa

Dengan cara ini masyarakat Jepang bisa turut melestarikan makanan tradisional dengan sensasi rasa modern dan kekinian. Daya tarik boba yang begitu kuat menjadikan masyarakat semakin kreatif memadupadankan boba dengan banyak makanan.

Sebelumnya ada percobaan memasak nasi dengan campuran boba. Hal ini dilakukan masyarakat Jepang untuk mengetahui seberapa enak boba jika dihidangkan dan dipadukan dengan makanan lain.

Baca juga : Bosan Nasi Putih? Coba Masak Nasi Pakai Milk Tea dan Boba

Simak Video "Boba Manakah yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)